Sukses

Dilarang Kawin Lagi, Kakek Ini Kabur dari Rumah hingga Terlantar di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Karsimin memang sudah tak muda lagi. Tapi jangan salah, kakek Karsimin masih merasa perkasa. Oleh karena itu, di usianya yang ke 82 tahun, dia ingin kembali merajut bahtera rumah tangga.

Namun, hasrat itu mesti dikubur dalam-dalam karena anaknya tidak sepakat. Karsimin tidak terima terhadap penolakan tersebut. Ia lalu nekat minggat ke Jakarta.

Karsimin berangkat dari rumahnya di Bengkulu ke Jakarta dengan modal Rp 400 ribu. Ketika sampai di Jakarta, dia bingung ke mana harus melangkah. Bagaimana tidak? Dia tidak punya sanak keluarga di Ibu Kota. Terlebih, ini pengalaman pertamanya ke Jakarta.

Dia pun luntang-lantung tak tahu arah hingga akhrinya terjaring operasi petugas P3S Dinas Sosial DKI Jakarta. Petugas lalu membawa kakek Karsimin ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2 Cipayung, Jakarta Timur.

Kepala Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2 Cipayung, Syaiman menyampaikan, petugas mengunggah keberadaan Karsimin melalui media sosial. Kebetulan saat itu, Karsimin membawa kartu indetitas.

"Kakek ini memilik KTP," ujar Syaiman, Sabtu 10 Maret 2018.

Beberapa lama kemudian, ada pemilik akun media sosial yang mengaku sebagai keluarga kakek Karsiman. Pemilik akun lalu segara menghubungi pihak panti agar bisa menjemput dan membawanya kembali di rumah.

Dari situ terungkap, soal permintaan Karsimin ingin nikah lagi. "Nikahnya mau sama yang muda lagi," terang Syaiman.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 dari 2 halaman

Pikun

Dia mengatakan niat Karsimin dihalangi anak-anaknya. Mengingat kondisi kakek itu yang sudah pikun. Mereka khawatir malah menyusahkan orang lain. Namun, Karsimin tak mempedulikan hal itu, sehingga nekat kabur dari rumah.

"Karsimin sudah ditinggal istrinya sejak lama makanya hidupnya sendiri dan merasa kesepian. Mungkin itu yang membuatnya ingin menikah lagi," kata Syaiman.

Dia melanjutkan, untuk sementara Karsimin dirawat dan dipenuhi kebutuhannya di panti hingga pihak keluarga mau menjemputnya. Namun, kata dia, perawatan terbaik itu berada di lingkungan keluarga.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Dua Sisi Ondel-Ondel Jalanan
Artikel Selanjutnya
Selain Jakarta, 5 Kota Besar di Dunia Ini Juga Dibayangi Ancaman Gempa