Sukses

Tinjau Pengungsian Korban Gempa Sulbar, Gerindra Dorong Percepatan Rehabilitasi

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani meninjau lokasi pengungsian korban gempa di Desa Botteng Kecamatan Simboro, Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) pada Kamis (28/1/2021). 

Ribuan kepala keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal dan terpaksa tinggal di pengungsian akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,2 yang meluluhlantakkan fasilitas umum dan rumah warga pada Jumat 15 Januari 2021 dini hari lalu.

Kedatangan Muzani dan rombongan disambut gembira warga yang tinggal di posko pengungsian. Mereka pun menyampaikan berbagai harapan dan kebutuhannya saat ini.

Di sela diskusi, Wakil Ketua MPR RI itu menyaksikan sejumlah keterbatasan yang dialami para korban gempa. Tidak hanya kebutuhan pokok, seperti makanan dan pakaian, mereka juga kekurangan tenda pengungsian untuk beristirahat.

Karena itu, dia berharap agar pemerintah daerah dapat segera merehabilitasi atau memperbaiki permukiman warga sekaligus fasilitas umum di Sulawesi Barat yang rusak akibat gempa. Tujuannya agar aktivitas masyarakat bisa kembali normal.

“Kami akan diskusi dengan pemerintah daerah, karena itu saya bawa anggota DPR, yaitu dari komisi infrastruktur. Mudah-mudahan kita dari Fraksi Gerindra bisa membantu lebih banyak lagi,” ungkap Ahmad Muzani, Kamis (28/1/2021).

Dia menyampaikan bahwa Gerindra telah menggalang donasi, termasuk pemotongan gaji kader yang duduk di DPR RI untuk membantu korban bencana alam di Indonesia.

Bantuan berupa kebutuhan pokok, obat-obatan, tenda, serta kebutuhan bayi dan perempuan itu kemudian disalurkan ke sejumlah posko pengungsian korban gempa di Sulawesi Barat.

“Saya minta bantuan ini dibagi rata, ini rezeki yang kita dapatkan dari Jakarta, dari semua anggota DPR RI Gerindra dikumpul-kumpul, jadilah bantuan yang ada saat ini," ungkap Muzani.

 

2 dari 3 halaman

Anak-Anak Harus Tetap Gembira

Dalam kesempatan itu, Ahmad Muzani juga mengingatkan bahwa anak-anak yang tinggal di tenda pengungsian harus tetap bisa belajar dan bermain. Dia pun meminta kepada para relawan untuk mendampingi sekaligus memberikan trauma healing kepada anak-anak.   

"Semua anak-anak di pengungsian harus tetap belajar, harus bisa bermain dan enjoy. Mereka harus tetap senang dan gembira supaya anak-anak hilang traumanya," katanya.

Mengakhiri peninjauannya, Ahmad Muzani memberikan motivasi. Dirinya menegaskan badai akan berlalu, Sulawesi Barat pun akan segera bangkit.

"Insyaallah segera ada relokasi, perbaikan dan pembangunan kembali sarana perkantoran, pendidikan, rumah ibadah, sekolah, pasar, rumah masyarakat yang terdampak, agar kehidupan masyarakat kembali pulih," ujarnya.

Dalam kegiatan peninjauan ini, Ahmad Muzani didampingi Wakil Ketua Komisi V DPR RI, H Andi Iwan Darmawan Aras yang juga Ketua DPD Gerindra Sulawesi Selatan; Ketua OKK DPP Gerindra, Prasetyo Hadi.

Selain itu, ada Anggota Komisi II DPR RI, Abdul Karim Aljufri; Koreg Sulawesi DPP Gerindra yang juga anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Adam Muhammad; serta sejumlah Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: