Sukses

Dinsos: Kebutuhan Terjamin, Korban Banjir Tak Perlu Minta-Minta

Dinsos tidak mempersoalkan warga korban banjir yang tidak tidur di tempat pengungsian. Asalkan jangan menganggu ketertiban umum.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Sosial DKI Jakarta mengimbau korban banjir tidak minta-minta di jalanan. Sebab, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjamin seluruh korban banjir.

"Tidak perlu itu minta-minta di jalanan. Kami juga sudah sediakan tenda-tenda pengungsi atau fasilitas sosial atau fasilitas umum yang sudah ditentukan sebagai hunian sementara," ujar Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta Tarmijo Damanik dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Rabu (7/2/2018).

Damanik menyampaikan, pihaknya telah mendirikan 80 Kampung Siaga Bencana (KSB) di setiap kelurahan yang menjadi rawan banjir. Hal ini juga untuk mempercepat distribusi bantuan.

Warga korban banjir juga tidak perlu khawatir karena di setiap kelurahan sudah berdiri Kampung Siaga Bencana (KSB).

"KSB membantu penyediaan makanan siap saji yang dikelola Dapur Umum KSB bentukan Dinas Sosial. Bahan logistiknya dari Dinas Sosial," dia menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Ganggu Pengguna Jalan

Damanik mengatakan, pihaknya tidak mempersoalkan warga yang tidak tidur tempat pengungsian. Asalkan jangan menganggu ketertiban umum.

"Sebagian warga terkadang tidak mau ditempatkan di hunian sementara itu dengan berbagai alasan. Terutama alasan mereka karena tidak mau jauh dari rumahnya. Kamk mengerti dengan alasan tersebut. Namun kami harap tidak perlu meminta-minta atau tidur di sembarang tempat.

Dia mendata, ada 40 orang yang tidur beralaskan terpal dan tenda milik pribadi. "Mereka mengungsi dari semalam dan telah mendapatkan makan malam dari Kelurahan Kampung Melayu," ujar dia.

Kendati, dia tetap mengajak secara persuasif pengungsi tersebut untuk pindah ke hunian sementara. Ia berharap mereka mau segera pindah dan tidak lagi tidur di sembarang tempat.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.