Sukses

PDIP Yakin Emil Dardak Patuhi Megawati Tak Maju Pilkada Jatim

Bupati Trenggalek Emil Dardak digadang sejumlah parpol untuk maju dalam Pilkada Jatim 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Bupati Trenggalek Emil Dardak digadang sejumlah parpol untuk maju dalam Pilkada Jatim 2018. Namun, PDIP menjamin Emil mematuhi amanah Megawati Soekarnoputri untuk tidak mencalonkan diri.

"Saya jamin Mas Emil Dardak tidak maju di Pilkada Jatim mendatang dari partai lain," ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Kusnadi di Surabaya, Jumat 20 Oktober 2017.

Menurut dia, Emil Dardak yang pada Pilkada Trenggalek 2015 diusung gabungan partai politik, salah satunya PDIP, tidak akan mau maju karena masih fokus di daerahnya.

"Saya sudah sering berkomunikasi dengan Mas Emil dan beliau menyatakan tidak maju meski diusulkan namanya. Mas Emil itu orangnya santun dan beliau pasti mendengar amanah Bu Mega," ucap Wakil Ketua DPRD Jatim tersebut seperti dilansir Antara.

Meski belum tercatat sebagai kader struktural PDIP, namun Emil yang juga suami artis Arumi Bachsin itu kerap mendampingi Megawati di sejumlah acara dan dekat dengan elite partai berlambang banteng moncong putih tesebut.

Emil Dardak juga sempat dipanggil Megawati di kediamannya, Jalan Teuku Umar, Jakarta, sehari menjelang pengumuman rekomendasi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim.

Bahkan, pada kesempatan pengumuman pasangan Saifullah Yusuf-Azwar Anas di Kantor DPP PDIP Jalan Diponegoro Jakarta, Minggu 15 Oktober, Emil Dardak tampak hadir dan duduk bersama sejumlah kepala daerah yang diusung PDIP.

Pada kesempatan tersebut, Megawati sempat mengimbau kepada kadernya yang pernah diusung PDIP memikirkan ulang untuk maju melalui partai politik lain di Pilkada mana pun.

"Ada kader yang diiming-imingi untuk maju melalui partai lain. Sebelum menyetujui, harus dipikir dulu. Selama ini ada kader yang sudah dibesarkan PDIP, tapi maju dari partai lain, dan saya tidak perlu sebutkan namanya. Lantas, apakah itu etis? Kalau menurut saya ya tidak," kata Megawati di sela sambutannya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilirik Golkar

Partai Golkar akan pertimbangkan Bupati Trenggalek Emil Dardak untuk mendampingi Khofifah Indarparawansa di Pilkada Jawa Timur 2018. Sebab menurut Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto, Emil memiliki kredibilitas yang baik.

"Ya Emil Dardak juga memiliki kredibilitas yang baik. Sangat baik tentu akan pertimbangan," kata Setya Novanto di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Partai Golkar sendiri sudah mantap mengusung Khofifah sebagai calon Gubernur Jawa Timur.

"Kalau Pilkada Jawa Timur kita sudah mendukung Khofifah. Sedang mencari yang baik dan bicarakan kepada khofifah dan wakilnya," kata Setnov.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.