Sukses

Djarot Absen dalam Sertijab Gubernur, Ini Komentar Anies Baswedan

Anies mengucapkan rasa terima kasih kepada Djarot yang memimpin Ibu Kota sebelum dirinya.

Liputan6.com, Jakarta - Djarot Saiful Hidayat mengajak keluarganya berlibur ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), setelah tidak lagi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dia tidak akan menghadiri acara serah terima jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Sandiaga.

Saat disinggung mengenai hal tersebut, Anies Baswedan mengaku tidak ada komunikasi apa pun sebelumnya dengan Djarot. Ia pun tidak mempermasalahkan sikap Djarot tersebut.

"Tidak ada komunikasi. Saya rasa sudah bisa menilai dengan dewasa, kita ingin proses demokrasi berjalan dengan baik," kata Anies di kediamannya, kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (16/10/2017).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengucapkan rasa terima kasih kepada Djarot yang memimpin Ibu Kota sebelum dirinya. Anies juga mendoakan agar kinerja Djarot selama ini menjadi pahala.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Djarot sudah mengabdi untuk Jakarta. Mudah-mudahan pengabdian beliau dicatat sebagai amal saleh dan insyaallah akan ikut membantu Jakarta," tutur Anies.

Jakarta akan memiliki pemimpin baru. Hari ini, sekitar pukul 16.00 WIB, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru, Anies Baswedan-Sandiaga Uno akan dilantik di Istana Negara.

Anies Baswedan berpasangan dengan Sandiaga Uno di Pilkada DKI Jakarta 2017. Keduanya diusung oleh Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perasaan Anies Baswedan

Sementara itu, terkait perasaan sebelum proses pelantikan sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengaku tak ada yang istimewa. Kegiatan hari ini menurut dia merupakan bagian dari perjalanan hidupnya.

"Biasa aja, namanya perjalanan penuh belokan kalau ini belokannya ritual aja, prosesi yang kita jalani. Yang penting sehat," ujar Anies.

Dia juga enggan membeberkan isi pidatonya pascapelantikan sebagai Gubernur Jakarta di Istana, Senin petang nanti. Masyarakat diminta bersabar untuk mengetahui isi pidato tersebut.

"Masa dibocorin," kata Anies di kediamannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.