Sukses

Moeldoko: Tahun Baru Islam Momentum Introspeksi Kolektif

Menurut pria kelahiran Kediri, Jawa Timur (Jatim) tersebut, perubahan juga memerlukan tokoh.

Liputan6.com, Indramayu - Mantan Panglima TNI Moeldoko menyatakan, Tahun Baru Islam yang jatuh Kamis 21 September kemarin, adalah momentum bagi umat Islam untuk introspeksi secara kolektif.

"Hijrah dari keadaan yang kurang baik menjadi lebih baik," ujar Moeldoko saat menghadiri peringatan Tahun Baru Islam di Pondok Pesantren Al-Zaytun, Indramayu, Jumat (22/9/2017).

Dia mengatakan, karakter perubahan akan membawa ke sesuatu yang misterius. Seseorang yang sebelumnya bergerak dan berubah akan diganti dengan hal baru jika tak konsisten.
Setelah itu, perubahan juga bergerak sangat cepat, tak terduga, dan terjadi setiap saat.

Karena itu, Moeldoko meminta para santri sigap dan mampu beradaptasi dengan kondisi tersebut saat hidup di tengah masyarakat.

Menurut pria kelahiran Kediri, Jawa Timur (Jatim) tersebut, perubahan juga memerlukan tokoh.

"Tokoh-tokoh tersebut saya harapkan bisa lahir dari Pesantren ini untuk kemaslahatan bangsa," kata dia yang disambut meriah ribuan santri yang hadir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harus Disiplin

Dia menambahkan, Hijrah juga menuntut kedisiplinan yang tinggi.

"Alhamdulillah, karena aturannya jelas tidak boleh merokok, tak saya lihat satu pun yang merokok di pesantren ini. Semua warga Al-Zaytun tampaknya sudah memiliki sikap disiplin dan taat aturan,” imbuh Moeldoko melalui pesan tertulis.

Dia juga berharap Ponpes Al-Zaytun melahirkan pejabat seperti menteri atau presiden.

Pemilik Bintang Adhi Makayasa 1981 itu juga memuji kehadiran tokoh lintas agama di Ponpes Al-Zaytun. Menurut dia, hal itu merupakan contoh internalisasi tentang Pancasila yang telah berhasil dilakukan oleh Pondok Pesantren Al-Zaytun.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.
    Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.

    Moeldoko

  • Tahun Baru Hijriah atau Tahun Baru Islam merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting

    Tahun Baru Islam