Sukses

Begini Jurus Mendagri Cegah Maraknya Korupsi Kepala Daerah

Mendagri Tjahjo Kumolo pun mengadakan pertemuan dengan Deputi Bidang Pencegahan KPK Pahala Nainggolan.

Liputan6.com, Jakarta Dengan pengawalan ketat sejumlah personel Brimob, Tim Penyidik KPK menggeledah rumah dinas Walikota Batu Eddy Rumpoko di Jalan Panglima Sudirman, Kota Batu, Jawa Timur pada Senin siang.

Selanjutnya KPK menggeledah ruang kerja Walikota Batu di Balaikota Among Tani serta kantor unit layanan pengadaan Pemkot Batu. Sementara di Kota Malang, KPK juga menggeledah kantor milik pengusaha Philip Djap di Jalan Brigjend Katamso.

Seperti ditayangkan Liputan6 Malam SCTV, Selasa (19/9/2017), Philip Djap ditangkap bersama walikota usai menyerahkan uang fee untuk proyek mebeler di lingkup pemerintah Kota Batu.

Maraknya kepala daerah yang ditangkap KPK membuat Mendagri berinisiatif melakukan tindakan pencegahan korupsi. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pun mengadakan pertemuan dengan Deputi Bidang Pencegahan KPK Pahala Nainggolan.

Salah satu agenda pertemuan ini adalah memperkuat peran aparat pengawasan internal pemerintah atau APIP. KPK menyarankan agar hasil kerja APIP langsung dilaporkan ke tingkat atas agar segera ditindaklanjuti.

Berdasarkan data Kemendagri, hingga kini ada 77 kepala daerah seluruh Indonesia yang terkena operasi tangkap tangan dan 300 lainnya terjerat masalah korupsi.