Sukses

Pesan di Balik Kehadiran SBY Peringati HUT RI di Istana Merdeka

Menurut Hinca, lantaran sudah dua kali absen upacara peringatan HUT ke-72 RI di Istana Negara, kerinduan akan kehadiran SBY telah terasa.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia, di Istana Kepresidenan, Jakarta. Ini adalah pertama kalinya SBY menghadiri HUT RI di Istana Merdeka setelah tidak menjabat Presiden.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, tidak ada makna atau pesan khusus terkait kedatangan SBY ke Istana.

Menurut Hinca, selama ini Demokrat memegang prinsip bahwa peringatan dan perayaan kemerdekaan dapat dilakukan di mana saja.

"Enggak (pesan khusus). Tiap tahun kita peringati HUT dengan banyak cara di banyak tempat, karena Indonesia terlalu luas. Nanti malam jam 9 kami akan tur Jateng sampai Pacitan," kata Hinca di Puri Cikeas, Kamis (17/8/2017).

Menurut Hinca, lantaran sudah dua kali absen upacara peringatan HUT ke-72 RI di Istana Merdeka, kerinduan akan kehadiran SBY telah terasa. Oleh karena itu, kata Hinca, SBY memutuskan sudah saatnya untuk ikut upacara di Istana.

"Sesudah dua kali (absen) sejak dia tidak menjabat presiden, saya kira ini kerinduan kita semua dan kita berharap ini akan membuat kemerdekaan menjadi sempurna," kata dia

Hinca berharap, kedatangan SBY dapat menyejukkan perpolitikan di Indonesia. "Kerinduan pada Pak SBY besar sekali, ya," kata dia

"Ada kabar gembira mereka pemimpin di Istana, kami harap itu bisa menyejukkan suasananya. Nanti akan ada ramah tamah," ujar Hinca.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.