Sukses

Tingkatkan Kedisiplinan Berlalu Lintas, Polres Tuban Bikin Replika Mobil Patroli

Replika mobil patroli dibuat agar para pengendara tidak memacu kecepatan kendaraan.

Patroli Indosiar, Tuban - Ada-ada saja upaya kepolisian untuk meningkatkan kedisiplinan para pengguna jalan mencegah pelanggaran lalu lintas. Di sepanjang Jalur Pantura, Tuban, Jawa Timur, petugas lalu lintas Polres Tuban memasang replika kendaraan patroli di jalur rawan kecelakaan. 
 
Seperti ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Sabtu (29/7/2017), bagi pengendara yang melintas, ada benda yang tampak seperti mobil patroli polisi yang sedang terparkir. Namun jika diamati dengan seksama, benda tersebut hanyalah replika mobil polisi yang sengaja dipasang di sejumlah area sepi, jauh dari pos keamanan dan termasuk rawan kecelakaan di Tuban, Jawa Timur. 
 
Di sepanjang jalur Pantura, Tuban terdapat enam titik replika mobil patroli yang sengaja dipasang.  
 
Replika mobil patroli tersebut dibuat semirip mungkin dengan aslinya, Polres Tuban berinovasi membuatnya untuk menekan angka kecelakaan yang mayoritas disebabkan pengemudi yang tidak tertib berlalu lintas. 
 
Memang replika mobil polisi tersebut cukup berhasil mengecoh sejumlah pengguna jalan, keberadaan replika mobil polisi tersebut membuat pengemudi menganggap ada polisi yang berjaga dan mengurungkan niat memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.
 
Pemasangan replika mobil patroli tersebut merupakan terobosan baru di tahun 2017 ini.  Replika mobil patroli dianggap efektif mencegah terjadinya pelanggaran lalu lintas maupun kecelakaan di jalur Pantura. Selain pemasangan replika mobil patroli. petugas kini juga tengah memikirkan inovasi baru lainnya untuk mencegah pelanggaran lalu lintas di sepanjang jalur Pantura.