Sukses

MK: Arief Hidayat Terpilih Jadi Ketua secara Mufakat

Pemilihan Arief dilakukan melalui musyawarah mufakat oleh sembilan hakim konstitusi.

Liputan6.com, Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang pleno khusus untuk pengucapan sumpah Arief Hidayat sebagai Ketua MK periode 2017-2022. Pemilihan Arief dilakukan melalui musyawarah mufakat oleh sembilan Hakim Konstitusi.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK dan sejumlah pejabat negara lainnya seperti Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Ketua DPD Oesman Sapta, Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali hingga Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif.

Ketua MK Arief Hidayat mengatakan, para hakim sepakat memilih dirinya kembali sebagai ketua. Kata dia, pemilihan tersebut hanya untuk memilih ketua dan tetap berdampingan bersama Anwar Usman sebagai Wakil Ketua.

"Ini bersamaan dengan habisnya masa keanggotaan saya sebagai Hakim Konstitusi. Pemilihan ini berjalan hampir 2,5 jam sampai 3 jam melalui musyawarah mufakat, sehingga tidak perlu voting terbuka," kata Arief di Kantor MK, Jakarta Pusat, Jumat (14/7/2017).

Kepala Biro Humas dan Protokoler MK Rubiyo menjelaskan, dalam proses pemilihan dilakukan sekurang-kurangnya oleh tujuh Hakim Konstitusi. Jika tidak terpenuhi rapat akan ditunda selama dua jam. Jika tidak terpenuhi juga rapat pemilihan Ketua MK akan tetap dilakukan berapa pun Hakim Konstitusi yang hadir.

"Jika musyawarah tidak mencapai kesepakatan atau aklamasi keputusan pemilihan akan diambil secara voting berdasarkan suara terbanyak dalam rapat pleno terbuka untuk umum. Tapi memang ketentuan pertama seperti itu, kita ikuti kententuan yang ada," papar dia.

Sembilan hakim MK yang ikut serta dalam pemilihan tersebut yaitu Arief Hidayat, Anwar Usman, Aswanto, Maria Farida Indrati, Wahiduddin Adams, I Dewa Gede Palguna, Suhartoyo, Manahan Sitompul dan Saldi Isra.


Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.