Sukses

DPR: Subsidi Pupuk untuk Wujudkan Padi Berkualitas Baik

Anggota Komisi X DPR, Dony Ahmad Munir berbicara mengenai pentingnya subsidi pupuk yang merata saat kunjungan ke Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Anggota Komisi X DPR, Dony Ahmad Munir mengatakan subsidi pupuk, bantuan benih, irigasi, penanganan hama pengganggu tanaman, dan asuransi pertanian yang lebih berpihak menjadi harapan petani. saat 

“Pentingnya subsidi pupuk yang merata sangat penting bagi petani karena sangat menentukan pertumbuhan padi dan pasokan beras di daerah-daerah supaya terwujudnya lumbung padi yang berkualitas baik,” kata Dony Ahmad Munir,  Anggota Komisi X DPR saat melakukan kunjungan ke daerah pemilihannya, Jawa Barat IX yang meliputi Sumedang, Majalengka, dan Subang, beberapa waktu yang lalu.

Politisi F-PPP itu menambahkan, dalam kesempatan itu petani juga menyampaikan bahwa proyek irigasi telah diusulkan masyarakat setiap tahun kepada pemerintah, namun belum terlihat tanda-tanda untuk direalisasi. Proyek tersebut sangat strategis dan penting bagi kehidupan perekonomian masyarakat petani padi, sawah khususnya.

“Selama ini para petani berinisiatif sendiri mengairi sawah mereka secara manual pada malam hari. Irigasi ini mampu mengairi ratusan hektar persawahan rakyat yang tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Subang,” papar Dony.

Oleh sebab itu, masyarakat petani di Subang menaruh harapan besar agar proyek irigasi itu dapat segera terealisasi. Petani pun berharap supaya mendapat asuransi dan tidak hanya dipertimbangkan dengan luas areal lahan sehingga para petani sangat sulit untuk mendapatkan asuransi tersebut.

“Para petani mengharapkan adanya perhatian khusus terkait aspirasinya yang belum berpihak pada petani,” kata Dony, yang juga memberi motivasi para petani untuk lebih semangat serta akan menyampaikan aspirasi masyarakat untuk disampaikan ke pemerintah pusat ataupun daerah.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.