Sukses

Menyicipi Torakur, Tomat Rasa Kurma dari Semarang

Torakur, tomat rasa kurma ini menjadi panganan unik saat berbuka puasa

Fokus Indosiar, Semarang Ini kurma mirip tomat atau tomat yang mirip kurma ya? Inilah ‘Torakur’ atau tomat rasa kurma. Kuliner unik ini merupakan produksi rumahan di Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Rabu (7/6/2017), sepintas manisan lokal satu ini sangat mirip dengan buah kurma khas Timur Tengah. Namun siapa sangka bahan dasarnya adalah buah tomat segar. Bagi Anda yang tidak begitu suka rasa yang terlalu manis, manisan satu ini menawarkan campuran rasa segar dan kaya kandungan vitamin C.

Cara pembuatannya cukup sederhana, Anda juga dapat membuatnya di rumah. Pertama bagian daging dan biji-biji buah tomat dipisahkan daging buah yang telah direbus sebentar. Lalu dikeringkan dengan cara dijemur di rumah kaca hingga setengah kering.

Daging buah itu kemudian dibentuk bulat, memanjang menyerupai bentuk kurma khas Tunisia. Sementara biji tomat yang telah dipisahkan tadi dapat pula dijadikan sebagai isiannya.

Setelah mendapatkan bentuk seperti kurma, kurma tomat ini kemudian dijemur kembali hingga mendapat warna kecoklatan dan tekstur yang kian menyerupai manisan kurma.

Karena pas dengan momen Ramadan, penjualan kurma lokal ini meningkat hingga tiga kali lipat dari hari biasa, harganya pun relatif terjangkau mulai dari Rp 17 ribu per kemasan .