Sukses

Dynand Fariz, Membawa Jember ke Tingkat Dunia

Ide cemerlang tidak selalu lahir dari kota besar. Seorang pria asal Jember justru berhasil memperkenalkan daerahnya kepada dunia melalui sebuah karnaval mode tingkat internasional.

Liputan6.com, Jember: Nama Jember Fashion Carnaval (JFC) sudah harum di dalam negeri hingga internasional. Di balik kesuksesan karnaval tersebut, tentu terdapat sosok penting. Dialah Dynand Fariz, penggagas sekaligus Presiden JFC.

JFC dirintis oleh Fariz sekitar sembilan tahun lalu. JFC diadakan setiap tahun di bulan Agustus dengan 600 peserta yang terdiri dari delapan defile kostum dan satu defile marching band. Para peserta tersebut lalu berparade mengelilingi Kota Jember sepanjang 3,6 kilometer. Untuk melatih stamina, tiap bulan diadakan pagelaran di alun-alun Jember.

Sehari-hari, Fariz mengajar di sekolah mode terkemuka di Jakarta dan Surabaya. Di saat libur, pria berusia 47 tahun itu meluangkan waktu membimbing remaja Jember berkreasi lewat musik. Fashion dan musik, itulah yang menjadi inspirasi awal Fariz menggelar JFC.

Kegiatan yang dirintis dari karnaval keluarga ini pun membuahkan beragam penghargaan dan panggilan roadshow dalam dan luar negeri. Kini, berbagai daerah di Pulau Jawa mulai mengikuti jejaknya. Tapi Fariz tak lekas puas. Ia berangan mendirikan institut karnaval Indonesia di kota kelahirannya, Jember.(TES/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini