Sukses

Anies Baswedan Masuk Daftar Tokoh Masa Depan

Liputan6.com, Jakarta: Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan terpilih sebagai satu dari 20 tokoh yang membawa perubahan dunia untuk 20 tahun mendatang versi majalah Foresight yang terbit di Jepang akhir April ini. Nama Anies dicantumkan bersama tokoh-tokoh dunia seperti Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin, Presiden Venezuela Hugo Chavez, dan Menteri Luar Negeri Inggris David Miliband.

Dalam edisi khusus berjudul "20 Orang 20 Tahun" itu Foresight mengulas Anies sebagai salah satu calon pemimpin Indonesia masa mendatang. Foresight juga menulis, cucu almarhum AR Baswedan--tokoh yang ikut andil dalam meraih kemerdekaan Republik Indonesia--itu adalah seorang muslim moderat yang sampai saat ini tetap konsisten pada pendiriannya untuk tidak memihak pada kekuatan (politik) tertentu.

Majalah bulanan Foresight diterbitkan salah satu penerbit tertua Jepang, Shinchosha, dan merupakan majalah berkualitas prima yang mengulas berita dan analisis politik dan ekonomi internasional dan domestik Jepang.

Sebelumnya, pada April 2008, majalah Foreign Policy, Amerika, pernah memilih Anies sebagai satu-satunya orang Indonesia yang masuk dalam daftar "100 Tokoh Intelektual Dunia" bersama Noam Chomsky, Al Gore, Francis Fukuyama, Samuel Huntington, Vaclav Havel, Thomas Friedman, Bernard Lewis, Lee Kuan Yew dan pemenang Nobel asal Bangladesh Muhammad Yunus.

Anies Baswedan lahir pada 7 Mei 1969. Doktor ilmu politik dari Northern Illinois University, AS, ini lahir dari keluarga pendidik.(Ant/YUS)
    Loading