Sukses

Densus 88 Periksa Pemilik Senjata dan Peledak di Jombang

Seorang pria berinisial BF (49) ditangkap atas kepemilikan sejumlah senjata api dan ratusan amunisi di rumahnya, Desa Mancilan, Jombang.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria berinisial BF (49) ditangkap atas kepemilikan sejumlah senjata api dan ratusan amunisi di rumahnya Desa Mancilan, Jombang, Jawa Timur. BF kini diperiksa intensif oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Boy Rafli Amar, mengatakan pemeriksaan sengaja dilakukan untuk mencari tahu motif dari BF memiliki senjata api tersebut.

"Yang bersangkutan kedapatan cukup banyak senjata rakitan di rumahnya. Ini masih dalam proses, terkait motif kepemilikan senjata," kata Boy di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9/8/2016).

Saat ini, ujar Boy, BF telah dibawa ke Mapolda Jatim. Polisi memiliki waktu 7x24 jam untuk menyelidiki motivasi BF memiliki senjata itu.

"Saat ini Densus 88 masih melihat apakah yang bersangkutan masuk ke dalam jaringan terorisme atau tidak. Kalau tidak ada, yang bersangkutan bisa terjerat UU Darurat. Kalau yang bersangkutan terlibat dalam jaringan terorisme, akan kena UU Terorisme," ucap Boy.

Sebelumnya, Tim Resmob Ditreskrimum Polda Jawa Timur menangkap BF di rumahnya di Desa Mancilan, Jombang, Jawa Timur, Senin, 8 Agustus. Polisi menangkap BF karena diduga, merakit, memiliki, dan menyimpan bahan peledak tanpa izin.

Berikut senjata, peluru, dan peledak yang disita dari tangan BF:

- 4 buah senjata laras panjang rakitan
- 4 senjata laras pendek rakitan
- 55 butir peluru tajam kaliber 3,8mm
- 99 butir peluru tajam kaliber 9mm
- 94 butir peluru tajam kaliber 7,65mm
- 42 butir peluru tajam kaliber 5,56mm
- 11 butir peluru tajam kaliber 7mm
- 24 butir peluru hampa kaliber 5,56mm
- 24 butir peluru karet
- 5 butir peluru tajam kaliber 5,56mm dlmsatu rangkaian
- 17 butir selongsong peluru,sebuah laras
- 1 grendel
- 4 kaleng kecil serbuk mesiu
- 6 butir peluru tajam (madsen) kaliber 7,65mm
- 1 alat bubut
- 1 alat bor
- 1 gergaji besi
- 1 alat ukir sixmacth
- 1 gerinda mesin
- 54 butir proyektil
- 134 butir peluru ramset.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini