Sukses

Irjen Ari Dono Sukmanto Gantikan Anang Iskandar Jadi Kabareskrim

Selain posisi Kabareskrim, ada sejumlah perwira tinggi lainnya yang dirotasi.

Liputan6.com, Jakarta - Teka-teki siapa yang akan mengisi jabatan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri terjawab. Wakabareskrim Irjen Ari Dono Sukmanto akhirnya dipilih sebagai Kabareskrim menggantikan Komjen Anang Iskandar yang sudah memasuki usia pensiun.

"Malam ini Telegram Rahasia (TR)-nya sudah keluar," ucap Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Jumat (27/5/2016).

Selain posisi Kabareskrim, menurut Badrodin, ada sejumlah perwira tinggi lainnya yang dirotasi. Di antaranya Asisten SDM Kapolri Irjen Sabar Rahardjo yang digantikan Kapolda Jawa Barat Irjen Jodie Rooseto. Sabar Raharjo diganti karena telah memasuki masa pensiun.

"Asisten SDM yang isi Kapolda Jabar," ujar Kapolri.

Untuk posisi Kapolda Jabar sendiri sudah dipilih Irjen Bambang Waskito yang sebelumnya menjabat sebagai Widya Iswara Utama.

Pergantian jabatan di Polri termasuk posisi Kapolda Kalimantan Barat Brigjen Arief Sulistyanto. Ia dirotasi menggantikan Irjen Bambang Waskito.

Kemudian Kapolda Kalimantan Barat diisi oleh Kapolda Jambi Brigjen Pol Musyafak. Posisi Musyafak selanjutnya diisi Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri, Brigjen Pol Yazid Fanani.

Siap Menjalankan Tugas

Sementara itu, Wakil Kabareskrim Irjen Ari Dono Sukmanto menyatakan siap menjalankan tugas barunya sebagai orang nomor satu di reserse Polri.

"Saya siap bila itu amanah bagi saya," kata mantan Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat malam.

Ari mengaku belum mengetahui dirinya dipilih Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Polri. Meski, beberapa rekannya sudah mengabarkan bahwa dirinya terpilih.

"Tapi kan itu belum ada TR (telegram rahasia)," kata Ari.

Ari Dono merupakan lulusan Akpol 1985. Artinya, sudah ada dua alumnus ‎Batalyon Jananuraga yang duduk di kursi Bareskrim 1. Sebelumnya, kursi tersebut diduduki Komjen Suhardi Alius yang saat ini menjabat Sestama Lemhanas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini