Sukses

Bandara Juanda Tutup, 7 Penerbangan ke Surabaya Dialihkan ke Bali

Liputan6.com, Kuta - Sebanyak 7 penerbangan tujuan Surabaya milik 3 maskapai dialihkan rutenya ke Denpasar, Bali, setelah Bandara Juanda ditutup sementara.

"Mengingat Bandara Juanda ditutup, maka ada beberapa rute yang dialihkan ke Bali, karena bandara ini yang terdekat dari Surabaya," kata General Manajer PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Ngurah Rai Bali Trikora Harjo di Kuta, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (20/2/2016).

Menurut Trikora, pengalihan penerbangan dilakukan akibat bandara Bandara Internasional Juanda ditutup sementara, selama hampir 2 jam. Lantaran, pesawat Lion Air dari Pontianak tergelincir di landasan pacu Bandara Juanda.


Trikora menjelaskan, maskapai penerbangan yang mengalihkan rute penerbangan ke Denpasar, antara lain Citilink dengan nomor penerbangan QG-876 dari Pontianak, QG-671 dari Manado, dan QG-920 dari Batam.

Kedua, maskapai Lion Air, dengan nomor penerbangan JT-588 dari Jakarta, JT-982 dari Medan, dan JT-807 dari Makassar. Ketiga, AirAsia Xtra dengan nomor penerbangan XT-393 dari Johor Bahru, Malaysia.

Sementara, 4 jadwal penerbangan dari Denpasar menuju Surabaya juga mengalami penundaan. Yakni Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-347, Lion Air JT-916, Citilink QG-647, dan NamAir IN-9277.

Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 658 tergelincir hingga over run atau keluar dari landasan pacu sekitar 1 meter pada pukul 11.00 WIB di Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur. Pesawat tergelincir akibat hujan lebat disertai angin kencang.

Direktur Umum Lion Air Edward Sirait sebelumnya menyebutkan, pesawat tersebut mengangkut mengangkut 205 penumpang dewasa, 6 anak, dan 4 infant. Seluruh penumpang berhasil dievakuasi dan dalam kondisi selamat.

Loading