Sukses

Menko Puan Dianugerahi Gelar Bangsawan Wa Ode dari Sultan Buton

Orang yang memakai gelar Wa Ode di depan namanya dalam tatanan masyarakat Buton, merupakan perempuan yang berasal keturunan bangsawan Buton.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mendapat gelar Wa Ode dari Sultan Buton ke-40 La Ode Izat Manarfa. Maka kini nama putri mantan Presiden Megawati Soekarnoputri itu Wa Ode Puan Maharani.

Pemberian gelar tersebut dilaksanakan pada acara pembukaan Wonderful Festival and Expo (Wakatobi WAVE) 2015.

Gelar kehormatan untuk Puan lengkapnya adalah Wa Ode Kaogesana Lipu.

"Gelar kehormatan yang kami berikan kepada Menko PMK ini, kami namakan Kaogesana Lipu," kata Sekretaris Kesultanan Buton Mustafa saat membacakan SK Sultan Buton tentang pemberian gelar penghargaan kepada Menko PMK tersebut seperti dilansir dari Antara News, Jumat (27/11/2015).

Dia mengatakan, Kaogesana Lipu mengandung makna orang yang memiliki kekuasaan di dalam negeri. Seluruh ucapan maupun gerak-geriknya, selalui diikuti, dipatuhi, dan diteladani oleh masyarakat di sekelilingnya.

"Setelah menerima gelar ini, maka Puan Maharani telah menjadi bagian keluarga Kesultanan Buton," imbuh Mustafa.

Orang yang memakai gelar Wa Ode di depan namanya dalam tatanan masyarakat Buton, merupakan perempuan yang berasal keturunan bangsawan Buton.

Sementara mereka yang berasal dari keluarga bangsawan berjenis kelamin laki-laki diberi gelar La Ode.

Puan sendiri mengaku senang bisa mendapatkan gelar bangsawan dari Kesultanan Buton. "Dengan penghargaan gelar kebangsawanan Buton ini, maka saya sudah diterima sebagai anggota keluarga Kesultanan Buton dan masyarakat Wakatobi," tutur Puan. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini