Sukses

BMKG: Ada Partikel Kecil Asap di Lapisan Atas Langit Jakarta

Dari pantauan BMKG, partikel asap hanya berterbangan di wilayah utara Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta- Langit Jakarta sore hari ini sedikit berkabut. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya mengatakan, penyebabnya karena arah angin yang berembus ke arah selatan. Sehingga, partikel kecil asap kebakaran hutan dan lahan di Sumatera terbawa hingga ke utara Pulau Jawa.

Berdasarkan posisi geografi Indonesia, Pulau Jawa berada di selatan Pulau Kalimantan dan timur Pulau Sumatera.

"Angin di lapisan atas langit memang ke arah selatan, artinya partikel kecil yang terkait asap terbawa ke arah utara Pulau Jawa," ujar Andi kepada Liputan6.com ketika dihubungi, Jumat (23/10/2015).

Andi mengimbau masyarakat tak perlu khawatir karena kumpulan partikel kecil asap itu berada di lapisan atas langit yang berjarak 1,5 kilometer lebih dari permukaan tanah dan tidak akan menjangkau ke langit lapisan bawah. Partikel kecil asap hanya akan berterbangan di lapisan langit atas.

"Jarak antara lapisan atas langit dan permukaan tanah itu 1,5 kilometer lebih. Jadi tidak perlu dikhawatirkan. Tidak akan memberi dampak terhadap kesehatan karena partikelnya kecil, tidak akan turun ke lapisan bawah. Dia hanya terbawa-bawa angin saja," terang Andi.

Andi mengatakan, dari pantauan BMKG, partikel asap hanya berterbangan di wilayah utara Jakarta. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.