Sukses

Ahok: Gedung Balaikota Tak Layak Diberi Sertifikat Keselamatan

Ahok menaruh perhatian pada gedung-gedung lama yang ada di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran melanda lantai 14 Gedung Sarinah, Jakarta Pusat. Para petugas pun berhasil menjinakkan amukan si jago merah dalam waktu sekitar 1 jam.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tidak heran dengan keadaan gedung yang ada di Jakarta. Jangankan milik swasta, gedung pemerintah pun banyak yang tidak memenuhi standar keselamatan, khususnya terhadap kebakaran.

"Kita sudah cek ini (Balaikota Jakarta) saja sudah tidak sesuai lho. Kalau sampai ini kebakaran, bisa-bisa enggak baik. Saya bilang gedung-gedung lama harus berani keras terhadap sertifikat," ujar Ahok di Balaikota Jakarta, Kamis (15/10/2015).

Ahok sudah memerintahkan kepada Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan DKI Jakarta Subejo untuk mendata kembali semua gedung di Jakarta. Setiap gedung harus memenuhi standar keselamatan. Tapi itu pun belum berjalan dengan baik.

"Gedung ini (Balaikota) kalau mau jujur dikasih sertifikat juga enggak layak. Makanya harus diperbaiki," lanjut dia.

Tak hanya Balaikota, Ahok juga menaruh perhatian pada gedung-gedung lama yang ada di Jakarta. Biasanya bangunan itu tidak dilengkapi dengan sistem pemadam kebakaran yang baik.

"Mungkin Sarinah juga begitu, itu gedung lama kan. Makanya kita pertimbangkan mau beli pemadam kimia dengan helikopter itu," tutup Ahok. (Ali/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.