Sukses

Usai OTT, KPK Giring 4 Pejabat-Politisi Musi Banyuasin ke Jakarta

Liputan6.com, Palembang - Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap 4 orang yang diduga terlibat dalam kasus dugaan suap, dalam Operasi Tangkap Tangan atau OTT di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, pada Jumat malam 19 Juni.  

4 Orang yang diduga pejabat di Kabupaten Musi Banyuasin itu digiring Satgas KPK dan Brimob Polda Sumsel bersenjata lengkap ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (20/6/2015), mobil jenis Tarantula Korps Brimob 6023-43 tiba di Bandara SMB II Palembang sekitar pukul 13.10 WIB. Tampak anggota Brimob Polda Sumsel, disusul Satgas KPK turun membawa tas plastik besar yang diduga berisi uang suap.

Lalu, turun pria berbaju kemeja merah yang diduga Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Musi Banyuasin berinisial SF. Dia berjalan ke pintu keberangkatan bandara.

Tak lama, disusul pria berkemeja biru yang langsung menutupi mukanya. Pria tersebut diduga F dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Musi Banyuasin.

Pria ketiga yang dikawal diduga anggota DPRD Musi Banyuasin berinisial AM. AM yang mengenakan sweater biru itu langsung menutupi wajahnya.

Terakhir adalah pria berkemeja kotak biru yang digiring anggota Brimob Polda Sumsel bersenjata lengkap. Pria tersebut diduga anggota DPRD Musi Banyuasin berinisial BK.

4 Pejabat ini dikawal ketat oleh lebih dari 5 anggota Brimob Polda Sumsel dan Satgas KPK. Mereka langsung digiring ke pintu keberangkatan Bandara SMB II Palembang, dengan pengawalan ketat anggota Brimob bersenjata dan Satgas KPK.

Pada pukul 13.25 WIB, rombongan tersebut langsung ke arah boarding pass dan naik ke lobi bandara. Rencananya, 4 pejabat ini akan diterbangkan dengan pesawat Garuda dengan nomor pesawat GA 111.

Menurut petugas bandara SMB II Palembang yang enggan menyebutkan namanya, hingga pukul 14.00 WIB, rombongan KPK tersebut masih berada di lobi bandara.

"Tadi masih ada di lobi atas, bukan di ruangan lobi VIP. Tapi dikawal ketat oleh petugas bersenjata lengkap. Pas saya dorong troli mereka, salah satu anggota Brimob itu mengatakan isi di dalam tas plastik besar itu adalah uang," ungkap dia kepada Liputan6.com di Bandara SMB II Palembang.

Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha sebelumnya menyebutkan, Satgas KPK telah melakukan Operasi Tangkap Tangan atau OTT di Musi Banyuasin, Sumatera.

"Saat ini yang bisa diinformasikan adalah benar tadi malam KPK melakukan operasi tangkap tangan," ucap Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha di Jakarta. (Rmn/Sss)