Sukses

Badrodin: Tim Pansel KPK Minta Polri Lacak Jejak Capim KPK

Badrodin mengatakan, kepolisian akan mengajukan 2 polisi aktif dan 1 purnawirawan sebagai calon pimpinan KPK.

Liputan6.com, Jakarta - Panitia seleksi (Pansel) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi Mabes Polri untuk menemui Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti pada Senin 8 Juni 2015. Kapolri mengatakan, dia diminta untuk menelusuri rekam jejak para calon pimpinan KPK dan bekerja sama dengan pimpinan periode mendatang.

"Tentu harapannya bisa ada kerja sama. Kita juga diminta untuk bisa melakukan penelitian terhadap track record masing-masing calon nanti yang dinominasikan," kata Badrodin usai melantik sejumlah perwira tinggi Polri di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (12/6/2015).

Badrodin mengatakan, kedatangan Tim Pansel KPK beberapa waktu lalu untuk meminta masukan bagaimana seharusnya kriteria calon pimpinan KPK dan komisionernya.

"Pertama tentu mengharapkan masukan Polri. Ya kira-kira kriteria calon komisioner pimpinan KPK itu yang bagaimana," ujar Badrodin.

Selain itu, pihaknya juga berencana akan mengusulkan 1 nama calon yang berasal dari pensiunan Polri. Namun Badrodin masih mengunci rapat siapa nama yang akan diajukan ke panitia Pansel Capim KPK. Pendaftaran Capim KPK dibuka sampai 24 Juni.

"Kita juga rencananya akan mencalonkan 2 polisi aktif dan satu purnawirawan," tandas Kapolri Badrodin. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.