Sukses

Mensos Khofifah Datangi Safe House Anak Ditelantarkan Orangtua

Salah seorang pengasuh di safe house tersebut juga mengatakan anak-anak itu masih menyimpan trauma.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyambangi tempat tinggal sementara bagi 5 anak yang ditelantarkan orangtuanya. Kedatangan ke Safe House SOS yang terletak di Jalan Karya Bhakti Nomor 1, Desa Taruna, Cibubur, Jakarta Timur ini untuk melihat secara langsung anak-anak tersebut.

"Ini untuk melihat kondisi anak-anak yang ada di dalam rumah Safe House SOS Cibubur ini,"  ujar Khofifah Indar Parawansa di lokasi, Jumat (15/5/2015).

Selama beberapa menit berada di tempat tersebut, Khofifah mengungkapkapkan, kondisi mereka sudah mulai membaik meski masih mengalami trauma atas penelantaran yang dilakukan orangtuanya.

"Karena kita lagi ramai-ramai, kita bisa interaksi alami. Tapi kita tidak bisa justifikasi itu kondisi saat ini. Nanti malam bagaimana (kondisinya)," terang dia.

Senada dengan Menteri Khofifah, salah seorang pengasuh rumah tersebut juga mengatakan kondisi anak-anak itu masih menyimpan trauma. "Anak-anak ini sudah mulai stabil, tapi dapat dilihat mereka masih menyimpan trauma yang hebat," kata dia.

Dalam kunjungannya, Menteri Sosial juga turut membawa sejumlah mainan dan makanan ringan bagi anak-anak di sana. Salah seorang anak korban penelantaran orangtuanya ini juga sempat berbincang dengan sang menteri meski tampak malu-malu.

Tim Unit I Subdit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) didampingi KPAI mendobrak satu rumah di Cluster Nusa Nusa Blok E Nomor 37 Perumahan Citra Gran Cibubur, Jawa Barat pada Kamis 14 Mei 2015 karena dugaan penelantaran yang dilakukan orangtua kepada anak-anaknya.

Tim gabungan Polda Metro Jaya dan KPAI lalu mengamankan orangtua yang menelantarkan 5 anaknya ke Polda Metro Jaya. Sedangkan kelima anaknya dibawa ke Safe House SOS. (Mvi/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.