Sukses

Kenangan Istimewa Efendi si Juru Masak KAA 1955

Perdana Menteri Tiongkok Zhou Enlai berada di bawah ancaman saat hadir dalam Konferensi Asia Afrika (KAA) 1955.

Liputan6.com, Bandung - Perdana Menteri Tiongkok Zhou Enlai berada di bawah ancaman saat hadir dalam Konferensi Asia Afrika (KAA) 1955. Pesawat yang membawa rombongan Delegasi Tiongkok meledak akibat bom, namun Zhou Enlai selamat karena menumpang pesawat lain.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (25/4/2015), hal ini membuat pengamanan para pemimpin negara saat KAA menjadi superketat. Makanan untuk mereka pun harus disiapkan khusus.

Efendi Agus Salim dipercaya menyiapkan dan mengawal makanan untuk puluhan petinggi negara. Karena tak ada dokter gizi, Efendi yang masih berusia 18 tahun dipercaya berdasarkan pengalamannya bekerja di restoran.

Beberapa jenis masakan disiapkan Efendi untuk tamu negara, antara lain ayam goreng, bakso ikan, somay dan ikan asam manis, membuat Efendi makin mengenal sosok Zhou Enlai.

Pria yang kini berusia 73 tahun ini sekarang tinggal bersama seorang anaknya, membuka usaha katering dan menyewakan gedung untuk pernikahan. Peran pentingnya dalam KAA 60 tahun lalu, terus terkenang dalam hatinya. (Nda/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.