Sukses

Hatta Rajasa Kalah, Tjatur Resmi Mundur dari Ketua Fraksi PAN

Tjatur juga mengaku dirinya sudah terlalu lama menjabat sebagai ketua fraksi, sehingga sudah saatnya melepas jabatan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Tjatur Sapto Edy menyatakan resmi telah mengundurkan diri dari Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di DPR. Keputusan Tjatur mundur, setelah Hatta Rajasa yang didukungnya kalah dalam persaingan perebutan kursi Ketua Umum PAN, pada Kongres ke-IV di Bali beberapa waktu lalu.

"Terlepas tanggal 2 Maret yang lalu saya mengundurkan diri dari Ketua Fraksi dan itu sudah lama‎. Kemarin saya sudah sampaikan surat resmi pengunduran diri, sudah di tangan Ketum baru (Zulkifli Hasan)," kata Tjatur di ruang Fraksi PAN, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (11/3/2015).

Tjatur membantah bahwa keputusannya untuk mundur dari Ketua Fraksi disebabkan karena Hatta gagal mempertahankan posisinya sebagai ketua umum. Alasan lainnya untuk mundur karena ia merasa sudah terlalu lama‎ menjabat sebagai Ketua Fraksi PAN.

"Saya jadi ketua fraksi terlalu lama, sudah 5 tahun, Pak Hatta saja 1,5 tahun, Pak Zul, Abdilah Toha, rata-rata cuma 2 tahun," ujar Tjatur.

Saat disinggung jika pengunduran dirinya ditolak Zulkifli Hasan, Tjatur enggan berandai-andai mengenai keputusan Ketua Umum PAN yang juga Ketua MPR tersebut. Tjatur berharap, Zulkifli berharap menghormati keputusannya untuk mengundurkan diri dari ketua fraksi.

"Dan proses seperti itu, dan kita tunggu. Saya hanya menyampikan itu saja‎," tandas Tjatur.

Zulkifli dalam berbagai kesempatan mengharapkan PAN tetap utuh dan tidak ada kader yang mundur dari jabatannya. Selain Tjatur, sebelumnya Wakil Ketua Umum PAN Drajad Wibowo yang juga mendukung Hatta, memutuskan untuk mundur dari kepengurusan DPP PAN. (Alv/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini