Sukses

Menko Puan: Aparat Harus Sigap Tangani Bencana

Menko PMK Puan Maharani mengatakan, keberadaan dan respons cepat pemerintah sangat dibutuhkan masyarakat yang tertimpa musibah bencana.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla belajar dari kesalahan dan kekurangan masa lalu dalam hal penanganan bencana.

Oleh karena itu, kata Puan, kesigapan dari aparat sangat dibutuhkan dan menjadi hal terpenting dalam melakukan penanganan bencana. Hal itu disampaikan Puan usai menghadiri Rapat Koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Selasa (10/3/2015).

"Kesigapan, kecepatan sangat dibutuhkan dalam penangangan bencana. Dengan demikian, pemerintah selalu hadir di tengah masyarakat di kala rakyat mengalami kesulitan," kata Puan.

Menurut Puan, keberadaan dan respons cepat pemerintah sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang sedang tertimpa musibah bencana. Kesigapan, lanjut Puan, menjadi poin penting bagi pemerintahan saat ini yang mengusung tekad 'selalu hadir di tengah rakyat' sesuai program nawacita Jokowi.

Puan juga meminta jajaran aparat pemerintahan di pusat dan daerah untuk aktif melakukan edukasi ihwal bencana terhadap masyarakat, terutama yang tinggal di wilayah-wilayah yang rawan bencana.

"Hal ini juga menjadi sangat penting karena dengan demikian masyarakat bisa melakukan langkah-langkah yang bisa mengurangi resiko bencana, di antaranya jumlah korban. Penting juga untuk memperhatikan tanda-tanda alam di sekitar kita yang bersumber dari kearifan lokal," harap Puan.

Tak luput Puan juga memberikan apresiasi seluruh pihak, termasuk aparat pemerintah, yang ikut berjibaku menangani bencana di seluruh pelosok negeri.

"Keberadaan mereka telah meringankan beban masyarakat yang sedang tertimpa musibah bencana," tandas Puan Maharani. (Tya/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini