Sukses

BMKG: Musim Peralihan, Waspada Puting Beliung dan Hujan Es

Menurut BMKG, Februari hingga Maret 2015 adalah musim transisi atau peralihan.

Liputan6.com, Jakarta - Wilayah Indonesia sebentar lagi memasuki fase peralihan dari kemarau ke musim penghujan. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun menjelaskan pada Februari hingga Maret 2015 adalah musim transisi atau peralihan.

Untuk itu, Kepala BMKG Andi Eka Sakya meminta masyarakat tetap waspada di musim peralihan tersebut.

"Biasanya karena perubahan kondisi atmosfer, pada proses transisi seperti ini angin kencang terjadi. Ada puting beliung juga," ujar Andi di kantornya, Jakarta, Rabu (4/3/2015).

Selain ada puting beliung, imbuh Andi, musim peralihan juga berpotensi terjadi hujan es.

"Kadang-kadang di musim transisi seperti ini juga bisa terjadi hujan es seperti di Klaten dan Yogyakarta, contohnya. Ini kan perubahan atmosfer yang sedemikian cepatnya," papar Andi Eka Sakya.

Pada Selasa 24 Februari 2015, angin puting beliung menerjang puluhan rumah di Desa Tugurejo, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu. Sekitar 50 rumah rusak berat dan ringan. Bahkan salah seorang warga desa terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Kepahiang, karena tertimpa reruntuhan atau puing-puing atap rumah. (Ans/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Hujan Es

Video Terkini