Sukses

PDIP: Kami Mengkritisi Presiden untuk Menjaganya

Jokowi memutuskan untuk membatalkan pencalonan Komjen Pol Budi Gunawan dan mengusulkan Komjen Pol Badrodin Haiti.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi batal melantik Komjen Pol Budi Gunawan menjadi Kapolri. Politisi PDIP Dwi Ria Latifa menilai, PDIP tetap mendukung Pemerintah Jokowi, namun jika ada kebijakan yang mengindikasikan pelanggaran konstitusi, PDIP akan bersikap kritis.

"Pada prinsipnya kita, PDIP kan partai hukum. Pak Jokowi kader PDIP, jadi PDIP mengkritisi tujuannya menjaga Presiden. Kita tetap mendukung pemerintah. Kita kawal agar tak melanggar konstitusi. Kita melihatnya (keputusan Jokowi batal lantik Budi Gunawan) lebih ke sistem ketatanegaraan," ucap Ria di kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/2/2015).

Dwi Ria mengatakan, mengatakan kunjungannya sore ini ke rumah Megawati sekadar berbincang santai. "Bicara-bicara berbagai hal, santailah," ujar anggota Komisi III DPR ini.

Ria keluar dari rumah Megawati sekitar pukul 18.30 WIB. Sementara Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laolly beserta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani yang datang sekitar pukul 18.00, masih berada di dalam rumah berpagar putih tersebut.

Presiden Jokowi memutuskan untuk mengganti kandidat calon Kapolri. Dia memutuskan untuk membatalkan pencalonan Komjen Pol Budi Gunawan dan mengusulkan pengangkatan Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai pengganti calon Kapolri.

Selanjutnya Jokowi menyiapkan jabatan baru untuk Budi Gunawan. "Saya memutuskan Saudara Komjen Pol Budi Gunawan untuk terus memberikan kontribusi terbaik bagi Polri agar makin profesional dan dipercaya masyarakat," kata pria yang akrab disapa Jokowi ini di Istana Merdeka. (Mvi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.
    Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.

    Budi Gunawan

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • PDIP