Sukses

Soetrisno Bachir: Ketua MPP PAN Dipilih, Tak Mesti Pak Amien Rais

Kabar yang beredar, ada penyerahan jabatan Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) dari Amien Rais kepada Soetrisno.

Liputan6.com, Jakarta - Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) digelar di Bali, 28 Februari - 2 Maret 2015. Selain memilih ketua umum, juga akan dipilih ketua majelis pertimbangan partai (MPP).

Mantan ketua umum PAN, Soetrisno Bachir, mengatakan kongres kali ini akan sedikit berbeda. Posisi Ketua MPP juga akan dipilih peserta kongres seperti pemilihan Ketua Umum.

"Saya mendengar, MPP kongres kali ini juga dipilih oleh peserta. Ini menarik. Nanti mengalir nanti siapa yang dipilih siapa," ungkap Ketua Umum PAN periode 2005 -2010, Rabu (18/2/2015). 

Sudah menjadi tradisi, selama ini posisi Ketua MPP selalu diberikan kepada Amien Rais sebagai pendiri partai. Hal itu juga terjadi saat Soetrisno menjabat sebagai Ketua Umum PAN. Tapi, kali ini akan sedikit berbeda.

"Dulu kan ada spesial untuk Pak Amien menjadi ketua MPP otomatis setelah tidak menjadi ketum. Waktu saya ketum, Pak Amien MPP. Waktu Pak Hatta, Pak Amien juga MPP. Sekarang, insya Allah, Pak Zulkifli. Nah, ketua MPP itu sekarang akan diserahkan ke peserta, saya kira bagus. Nanti yang menjadi ketua MPP bukan lagi pendiri dan para senior karena kegiatan mereka juga banyak," kata Soetrisno.

Dengan adanya pemilihan ini, siapa pun dapat menduduki posisi Ketua MPP sesuai keinginan peserta kongres. Jika nanti dirinya terpilih, Soetrisno mengaku siap. "Kalau diberikan amanah, saya akan menjalankannya," tandas Soetrisno.

Sebelumnya, beredar kabar ada penyerahan jabatan Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) dari Amien Rais kepada Soetrisno.

"Pak Amien sudah mengunjungi rumah Pak SB, pekan lalu. Beliau meminta maaf kepada SB dan menawarkan jabatannya untuk dipegang Pak SB," kata sumber Liputan6.com yang dekat dengan PAN.

Saat dikonfirmasi soal kabar itu, Soetrisno mengaku sudah mendengar selentingan tersebut. Namun, dia membantah penyerahan jabatan Ketua MPP dari Amien Rais pada dirinya.

"Nggak ada seperti itu. Pak Amien sudah bertemu saya di sini (kediaman Soetrisno di Simprug) dan tidak membicarakan itu," jelas dia usai menyatakan dukungan pada Zulkifli Hasan. (Tya/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.