Sukses

Alasan Soetrisno Bachir Dukung Zulkifli Hasan Jadi Ketua Umum PAN

"Program-program dari Zulkilfi Hasan, pertama adanya desentralisasi," ungkap Soetrisno di kediamannya di Jalan Simprug Golf.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Ketua Umum PAN Soetrisno Bachir akhirnya 'turun gunung' dan kembali berkiprah di dunia politik. Setelah memutuskan kembali, Soetrisno langsung menyatakan sikap politik dengan mendukung Zulkifli Hasan menjadi Ketua Umum PAN periode 2015-2020.

Usai menyatakan dukungan secara resmi di kediamannya, Soetrisno mengungkapkan alasan utama akhirnya dia menjatuhkan pilihan pada Zulkifli Hasan. Padahal, calon lainnya Hatta Rajasa juga tidak kalah kuat.

"Program-program dari Zulkilfi Hasan, pertama adanya desentralisasi. Ini penting karena itu saya dulu letakkan pondasi desentralisasi. Saya dulu sering keliling daerah sehingga mereka merasa ikut memiliki dengan adanya desentralisasi. Dan ini program dari Zulkifli Hasan di antaranya desentralisasi," ungkap Soetrisno di kediamannya di Jalan Simprug Golf, Jakarta Selatan, Rabu (18/2/2015).

Selain itu, lanjut Soetrisno, dia juga sangat mendukung adanya konvensi saat menentukan capres-cawapres yang diutus PAN dalam pemilu. Hal ini dinilai merupakan sesuatu yang baru karena biasanya seorang pemimpin memonopoli kekuasaan.

"Ini luar biasa karena seorang ketua umum biasanya akan memonopoli untuk pilpres atau pilwapres. Pak Zulkifli dalam kampanyenya tawarkan adanya konvensi. Saya kira ini luar biasa," jelas dia.

Terakhir, dalam konsep PAN ke depan ala Zulkifli, partai menjadi partai advokasi. Soetrisno mengatakan, konsep ini akan meminimalisir jarak antara partai dengan rakyat yang biasanya hanya terjalin jelang pemilu saja.

"PAN kedepan akan hadir beri advokasi kepada masyarakat dari hari ke hari, jam ke jam, di seluruh Indonesia. Maka dari program-program unggulan itu saya nyatakan akan mendukung saudaraku Zulkifli Hasan," ujar Soetrisno.

"Saya siap membesarkan bersama-sama. Saya sudah diskusi, kalau terpilih kita akan bikin kepengurusan lebih terbuka, ajak elemen bangsa lain, supaya PAN lebih terbuka lagi dan jadi rumah besar bangsa Indonesia," tandas dia. (Tya/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini