Sukses

Jokowi Tunjuk Johan Budi, Ruki, dan Indriyanto Jadi Pimpinan KPK

Presiden Jokowi tunjuk Johan Budi, Taufiqurrahman Ruqi, dan Indrianto Seno Adji sebagai pimpinan KPK sementara.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi mengumumkan mengangkat 3 orang sebagai pimpinan KPK sementara untuk menggantikan pimpinan saat ini. Tiga orang yang ditunjuk presiden menjadi pimpinan KPK sementara yakni mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki, Indriyanto Seno Adji, dan Deputi Bidang Pencegahan KPK Johan Budi.

Pengangkatan ketiganya menjadi pimpinan sementara KPK akan diatur dalam Perppu yang akan segera dikeluarkan Presiden Jokowi. "Diikuti dengan penerbitan Keppres pengangkatan 3 orang pimpinan sementara KPK yaitu Taufiequrachman Ruki, Indriyanto Seno Adji dan Johan Budi," jelas Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Rabu (18/2/2015).

Presiden Jokowi juga menginstruksikan agar KPK dan Polri mentaati rambu-rambu hukum dan kode etik serta menjaga kehormanisan antarlembaga negara.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menjelaskan, Perppu yang dikeluarkan tersebut terkait wewenang presiden mengangkat 3 pimpinan KPK sementara tanpa melalui proses seleksi.

Ketiga pimpinan baru KPK ini untuk menggantikan Abraham Samad, Bambang Widjojanto, dan Busyro Muqoddas. Samad dan Bambang diberhentikan dari jabatannya karena sedang tersandung beberapa kasus hukum. Sedangkan Busyro diganti karena sudah pensiun. (Sun/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Johan Budi SP

Video Terkini