Sukses

Eks Pimpinan KPK Berharap Jokowi Selesaikan Polemik KPK-Polri

Sebab, menurut Chandra M Hamzah, masalah KPK-Polri ini kuncinya berada di Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Chandra M Hamzah buka mulut terkait dengan memanasnya polemik KPK dan Polri. Ia tidak mengharapkan adanya kejadian 'Cicak versus Buaya' kembali terulang saat ini. Mengingat, Chandra menjadi pimpinan KPK ‎ketika 'Cicak versus Buaya' jilid I terjadi.

"Saya menyayangkan kejadian ini. Jangan sampai ('Cicak versus Buaya') terulang kembali," kata Chandra di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (23/1/2015).

Karena itu, Chandra mengharapkan, Joko Widodo atau Jokowi selaku orang nomor 1 di Indonesia dapat menyelesaikan masalah KPK-Polri ini. Chandra punya harapan agar Jokowi selaku Presiden dapat menunjukkan jati dirinya sebagai pemimpin. Sebab, masalah KPK-Polri ini kuncinya berada di Jokowi.

"Dan Pak Jokowi selaku Presiden, saya berharap bisa menyelesaikan masalah ini sebaik-baiknya. Jadi kuncinya ada di Jokowi," ucap Chandra.

KPK-Polri dalam beberapa tahun terakhir terlibat polemik. Salah satu polemik di antara kedua kubu hingga memunculkan istilah 'Cicak versus Buaya' ketika 2 pimpinan KPK tahun 2009, yakni Bibit Samad Riyanto dan Chandra M Hamzah jadi tersangka kasus pelanggaran prosedur pencabutan cegah-tangkal oleh Bareskrim Polri.

KPK-Polri kembali berpolemik beberapa tahun kemudian. Tepatnya pada tahun 2013, saat mantan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Djoko Susilo dijerat KPK dengan kasus dugaan korupsi proyek pengadaan alat simulator SIM di Korlantas Polri.

Kini di awal tahun 2015, Bareskrim Polri menangkap Wakil‎ Ketua KPK Bambang Widjojanto. Bambang ditangkap karena diduga terlibat pengaturan saksi-saksi untuk memberikan keterangan palsu dalam sidang perkara sengketa Pilkada Kotawaringin Barat 2010 di Mahkamah Konstitusi pada 2010. (Ans/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.