Sukses

Komisi III DPR Uji Calon Kapolri Usai Pilih Pimpinan KPK

Wakil Komisi III DPR Benny K Harman menyatakan prioritas komisinya pada masa sidang pertama 2015 adalah menentukan pimpinan KPK.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Komisi III DPR Benny K Harman menyatakan prioritas komisinya pada masa sidang pertama 2015 adalah menentukan pimpinan KPK. Untuk uji kelayakan calon Kapolri akan dijadwalkan setelah calon pimpinan KPK terpilih.

"Nanti rapat Pleno Komisi akan segera menjadwalkan penentuan calon pimpinan KPK pengganti Busro. Kemudian kita juga akan membahas kalau ada agenda lain. Kalau soal Kapolri tetap akan kita jalankan tapi sampai sekarang suratnya (surat dari Presiden) belum dibacakan juga. Tapi yang memang jadi prioritas adalah pimpinan KPK," ujar Benny di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (11/1/2015).

Di sisi lain, terkait pemilihan Kapolri baru, Ketua Komisi III Aziz Syamsudin menegaskan, mekanismenya tidak berbeda dengan pemilihan hakim agung, hakim MK, pimpinan KPK, dan lainnya. Jadi kalau ada pihak yang meragukan pilihan Komisi III terhadap Kapolri baru, makan akan sangat aneh.

"KPK itu yang memilih kami juga kok. Kalau pilihan kami terhadap pimpinan KPK dipercaya, masak terhadap Kapolri tidak dipercaya?" imbuh dia.

Aziz berharap, Kapolri yang baru nanti bisa membawa perubahaan pada institusi polri. Berbagai masalah yang kerap timbul antara anggota masyarakat dan Polri harus diminimalisir.

"Semua hal yang bersentuhan dengan masayrakat langsung harus dibenahi. Polri tidak bisa hanya melakukan tindakan-tindakan besar, sementara yang kecil yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dilupakan," tandas Aziz. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.