Sukses

3 Jasad Penumpang AirAsia QZ8501 Ditemukan 3 Kapal Berbeda

Sampai saat ini, 2 jenazah itu masih di KN Pacitan milik Basarnas dan KD Kendari.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo mengatakan, ada 3 lagi jenazah korban jatuhnya pesawat AirAsia QZ8105 yang ditemukan. Jasad ketiganya masih berada di 3 kapal berbeda dan dibawa ke Surabaya pada Jumat, 9 Januari 2015 besok.

"Hari ini hasil penemuan jenazah yang sudah terkonfirmasi 44 jenazah. Dari 44 sebanyak 41 sudah di Surabaya, sedangkan 3 jenazah masing-masing ada di kapal yang berbeda, satu di KM SAR Pacitan, satu di kapal Jepang JS Onami dan satunya lagi di kapal Malaysia KD Kasturi. Rencana besok akan langsung dievakuasi (dipindahkan)," ujar Soelistyo di Kantor Basarnas, di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (8/1/2015).

Soelistyo mengatakan, sebelum dibawa ke Surabaya, jenazah lebih dulu dibawa ke Pangkalan Bun, setelah itu, Tim SAR secepatnya langsung membawa jenazah ke Surabaya untuk diidentifikasi lebih lanjut.

Soelistyo mengatakan, walau masih berupaya menemukan kotak hitam pada ekor pesawat yang ditemukan, pihaknya masih tetap memfokuskan proses evakuasi jenazah di lokasi sekitar penemuan ekor dan penemuan benda-benda lainnya.

"Apa pun kondisinya, korban akan tetap menjadi prioritas evakuasi, kalau mengenai kondisi korban, saya tidak bisa menyebutkan kondisi korban terakhir seperti apa," ‎kata Soelistyo.

Dia mengatakan, pihaknya terkendala akibat arus di kedalaman laut yang sangat deras. Karena itu, penyelaman saat ini dihentikan dan dilanjutkan besok pagi. Karena cuaca pagi hari relatif bersahabat mulai pukul 05.00-11.00 WIB.

"Memang ada kendala cuaca, tapi semoga besok pencarian bisa terus kita lakukan dengan prioritas evakuasi korban, namun dengan catatan arus laut bersahabat dengan kita," tandas dia.

Berikutnya... Nama 25 Penumpang yang Teridentifikasi Tim DVI

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nama 25 Penumpang yang Teridentifikasi Tim DVI:

Nama 25 Penumpang yang Teridentifikasi Tim DVI:

Shiane Josal (45) wanita, Tony Linaksita (42) laki-laki, Lim Ean Koeun (61), Yongki Jou (53) laki-laki, Wismoyo Ario Prambudi (24), Stevie Jie (10), Juanita Limantara (30), Hayati Lutfiah Hamid, Grayson Herbert Linaksita, Khairunisa Haidar Fauzi, Kevin Alexander Soetjipto, Themeji Theja Kusuma, dan Hendra Gunawan Syawal.

Kemudian ada Indra Yulianto (51) laki-laki, Hindarto Halim (61) laki-laki, Jou Brian Youfito (19) laki-laki, Ratri Sri Andriani (30) wanita, Ruth Natalia Made Puspita Sari (26) wanita, Jou Christine Yuanita (62) wanita, Soetikno Sia, Rudy Soetjipto (54) laki-laki, Nico Giovani (17) laki-laki, Indah Ju Liangsih (44) wanita, Stevanie Yulianto (14) wanita, dan Djoko Suseno.

Pesawat AirAsia rute Surabaya-Singapura hilang kontak dari Air Traffic Controller (ATC) Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Minggu 28 Desember 2014 sekitar pukul 06.17 WIB. Pesawat dengan nomor penerbangan QZ8501 itu take off dari Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur pukul 05.20 WIB, dan seharusnya tiba di Bandara Changi, Singapura pukul 08.30 waktu setempat. Pesawat mengangkut 155 penumpang dan 7 awak. (Mvi/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.