Sukses

Kaleidoskop Sosial dan HAM 2014: 10 Tahun Kematian Munir

Kisah nestapa buruh migran, kartu sakti Jokowi, peringatan tragedi Mei '98, dan 10 tahun kematian pejuang HAM Munir mewarnai 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam fenomena sosial yang menyentuh kehidupan masyarakat Tanah Air menyedot perhatian para pembaca Liputan6.com sepanjang 2014.

Fenomena di dunia maya, misalnya. Ada kekesalan istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Kristiani Herawati atau Ani Yudhoyono, atas tudingan salah satu follower-nya di jejaring sosial Instagram. Kendati belakangan Ani Yudhoyono meminta maaf melalui Instagram pula.

Selain kicauan Ani Yudhoyono, tweet satire Kahiyang Ayu Jokowi soal tes CPNS pun banjir komentar di lini masa Twitter pada tahun 2014.

Ada pula kisah nestapa tenaga kerja Indonesia (TKI), Erwiana Sulistyaningsih, sepulang dari Hong Kong yang mengaku disiksa majikan. Berita bunuh diri Azwar, salah satu tersangka kasus kekerasan dan pelecehan seksual terhadap bocah A di Jakarta International School, turut mengundang perhatian.

Tak ketinggalan pula beberapa kasus terkait hak asasi manusia (HAM). Mulai dari desakan penuntasan kasus tragedi Trisakti 12 Mei 1998 hingga peringatan 10 tahun kematian pejuang HAM Munir.

Nah, Liputan6.com pun merangkum berbagai peristiwa menarik lainnya dalam Kaleidoskop Sosial dan HAM sepanjang Januari hingga Desember 2014, seperti berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Januari-Februari

Januari

Sebut Istri Jokowi-Ahok, Ani Yudhoyono: Karena Saya Kesal



Istri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kristiani Herawati atau Ani Yudhoyono, mengaku kesal karena disebut tidak peduli dengan korban banjir di Jakarta. Tudingan itu dilontarkan oleh salah satu follower-nya di jejaring sosial Instagram. "Saya jawab, 'Ibu Jokowi dan Ibu Ahok ke mana ya, kok saya yang dimarahi?' Follower lain kemudian ikut-ikutan mem-bully anak ini kemudian lari, maksudnya dia hapus kata-katanya," tambah Ani. Dan belakangan, Ani Yudhoyono meminta maaf melalui Instagram.

Kisah TKI Cantik yang Kritis Akibat Disiksa Majikan 



Erwiana Sulistyaningsih adalah tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Ngawi, Jawa Timur. Gadis berusia 23 tahun ini hanya sempat bekerja 8 bulan di Hong Kong. Namun, nestapa yang ia dapatkan. Majikan yang kejam kerap memukuli dan menyiksanya dengan hanger atau apa pun yang ada di depannya. Erwiana harus bekerja 21 jam sehari, hanya dapat jatah istirahat 3 jam.

Februari

Hebatnya Letusan Gunung Kelud Dilihat dari Angkasa

Kedahsyatan letusan Gunung Kelud pada Kamis 13 Februari yang lalu berhasil dipotret oleh satelit milik Badan Ruang Angkasa Amerika Serikat (NASA). Dalam foto yang diambil NASA terlihat letusan Gunung Kelud begitu besar. NASA mendeteksi hembusan material vulkanik itu pada pukul 23.09 WIB. Dari atas terlihat material vulkanik yang dilontarkan Gunung Kelud membubung, bentuknya menyerupai jamur. Dari atas terlihat terang.

10 Anak di Panti Asuhan Samuel Akan Diambil Dinsos Kabupaten Tangerang

Dinas Sosial Kabupaten Tangerang akan mengambil alih hak asuh puluhan anak asuh yang masih berada di Panti Asuhan Samuel di Sektor 6 Gading Serpong, Kecamatan Kelapa Dua. Pengambilalihan 10 anak itu dilakukan secepatnya. "Rencananya demikian, enaknya kita ambil untuk asuh dulu. Namun, kita akan koordinasi ke pengacara Chemuel dan Komnas Perlindungan Anak terlebih dulu," ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tangerang Uyung Mulyardi.

3 dari 7 halaman

Maret-April

Maret

Pelawak Jojon Meninggal Dunia



Pelawak Jojon meninggal dunia. Pria dengan nama asli Djuhri Masdjan itu mengembuskan napas terakhirnya pada usia 66 tahun. Hal itu dibenarkan pihak Rumah Sakit Premier Jatinegara. "Benar," ujar petugas UGD RS Premier Jatinegara saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta. Sontak, berita berpulangnya pelawak tenar tersebut menjadi perhatian luas berbagai kalangan di Tanah Air.

Gunung Merapi Lontarkan Pasir, Warga Panik



Aktivitas Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, kembali mencemaskan warga. Ketika itu suara letusan disertai kabut dan hujan pasir dari puncak Merapi membuat panik hingga warga berlarian menjauhi gunung itu. "Warga kaget mendengar letusan di puncak Merapi. Mereka keluar rumah langsung berlarian menjauh dari Merapi," kata Koordinator Radio Komunitas Pasak Merapi, Sukiman.

April

Panglima TNI Banting Jam `Rp 1 Miliar` Miliknya



Panglima Jenderal TNI Moeldoko membanting jam super mahalnya. Jam Richard Mille RM 011 Felipe Massa Flyback Chronograph 'Black Kite' yang harganya ditaksir mencapai Rp 1,16 miliar itu dicabut dari pergelangan tangannya kemudian dilemparkan. Aksinya ini bermula ketika Moeldoko ditanyai soal keaslian jam yang diakui dibeli olehnya seharga Rp 5 juta oleh salah satu wartawan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat. "Ini nih lihat," kata Moeldoko sambil membanting jam tersebut di depan wartawan.

Sebelum Tewas, Tersangka Pencabulan JIS Tulis Surat Pengakuan



Predator seksual mengincar anak-anak. Tak terkecuali di sebuah sekolah bertaraf internasional, seperti yang dialami bocah berinisial A. Namun Azwar, salah satu tersangka kasus kekerasan dan pelecehan seksual terhadap bocah A di Jakarta International School, tewas bunuh diri di Polda Metro Jaya. Sebelum tewas dengan cara menenggak cairan pembersih lantai, Azwar ternyata meninggalkan surat tulisan tangan dengan tinta warna biru di secarik kertas.

4 dari 7 halaman

Mei-Juni

Mei

Menteri Agama Suryadharma Ditegur Habib di Masjid Sunda Kelapa



Ketua Umum PPP Suryadharma Ali (SDA) menjadi imam salat di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat. Usai salat zuhur, SDA berseru bahwa salat akan dilanjutkan dengan salat ashar dengan cara diqasar, yaitu yang seharusnya 4 rakaat diringkas menjadi 2 rakaat saja. Namun, keinginan SDA itu mendapat teguran dari Habib Kamal, ulama yang kerap memberi pengajian di masjid tersebut. "Bukan qasar tapi jamak. Kalau qasar 2 rakaat, bukan 4," kata dia menyanggah ucapan SDA yang saat itu menjabat Menteri Agama.

16 Tahun Tragedi Trisakti, Para Jenderal Tetap Tak Tersentuh



16 Tahun berlalu, tragedi Trisakti hanya berujung pada pengadilan sejumlah aparat Brimob. Masing-masing mereka dihukum 34 bulan penjara. Pangkat paling tinggi di antara mereka adalah Iptu. Tak ada perwira tinggi yang tersentuh. Buku karya pakar forensik Abdul Mun'im Idries pun turut menguak sepenggal sisi kelam tragedi tersebut dalam buku Indonesia X-Files: Mengungkap Fakta dari Kematian Bung Karno sampai Kematian Munir.

Juni

Senyum Anak Tukang Becak Jadi Wisudawati Terbaik



Hari itu perhatian para keluarga wisudawan dan puluhan wartawan langsung tersita pada Raeni. Sebab, wisudawati dari Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini berangkat ke lokasi wisuda dengan kendaraan yang tidak biasa. Penerima beasiswa Bidik Misi ini diantar oleh ayahnya, Mugiyono, menggunakan becak. Kendati demikian, senyum bangga tetap menghiasi wajah Rani juga sang bapak.

Jawaban Prabowo atas Pernyataan Wiranto Terkait Mei 1998



Mantan Panglima ABRI Jenderal Purn Wiranto buka-bukaan terkait kasus dugaan pelanggaran HAM yang dilakukan Prabowo Subianto pada Mei 1998. Bagaimana tanggapan capres nomor urut 1 itu terkait manuver Wiranto? Ditanya konfirmasi mengenai pernyataan mantan atasannya tersebut, Prabowo saat itu tidak berkomentar banyak. "Nggak, nggak. Tanya saja mereka," kata Prabowo.

5 dari 7 halaman

Juli-Agustus

Juli

Jembatan Comal Ambles, Truk Jangan Paksakan Diri Lewat Pemalang



Jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah, ambles pada Jumat 18 Juli 2014 dini hari. Saat itu pengerjaan perbaikan jembatan terus dikebut supaya bisa dilalui kendaraan untuk pemudik yang melewati jalur pantai utara atau pantura.

Merokok di Toilet, Seorang Pemuda Bikin Panik Penumpang Pesawat



Bandara Fatmawati, Bengkulu dibuat heboh oleh peristiwa penangkapan penumpang pesawat Citylink. Adegan penangkapan mirip penggerebekan teroris itu, berlangsung cepat dan singkat. Ternyata, Ari Putro Kuncoro (25) ditangkap polisi karena ketahuan merokok di dalam toilet pesawat yang terbang dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Agustus

Foto Mesum Wanita Berseragam PNS Bandung Hebohkan Kota Kembang



Masyarakat Kota Bandung dihebohkan dengan beredarnya foto adegan mesum seorang wanita berpakaian dinas Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkot Bandung. Saat itu Polisi pun langsung menyelidiki kasus itu. Belakangan diketahui, foto tersebut mengarah pada salah satu penyanyi wanita asal Kota Kembang berinisial R.

MUI Haramkan Jilboobs



Majelis Ulama Indonesia (MUI) secara tegas telah mengeluarkan fatwa haram mengenai pemakaian busana bagi muslimah yang masih memperlihatkan lekuk tubuh. Hal ini termasuk bagi wanita pengguna jilbab, namun tetap mengenakan busana seksi yang memperlihatkan lekuk tubuhnya yang kini dikenal dengan istilah jilboobs.

6 dari 7 halaman

September-Oktober

September

Berburu Batu Bacan 'Bernyawa' di Palu



Batu bacan menjadi primadona di kalangan pencinta dan kolektor batu akik di Palu, Sulawesi Tengah. Satu butir bacan, harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Apalagi jika bacan itu mengandung keunikan yang disebut-sebut punya nyawa, harga jualnya bisa fantastik hingga ratusan juta rupiah.

10 Tahun Kematian Munir, Tetap Berhenti di Pollycarpus?



Sepuluh tahun setelah kematian Munir, kalangan aktivis menilai tak ada perkembangan berarti dalam pengungkapan kasusnya. Istri Munir, Suciwati dan para aktivis HAM pun berharap pemerintah baru Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) bisa mengakhiri teka-teki kematian Munir, yang hingga kini masih misterius.

Oktober

Kicauan Satire Kahiyang Ayu Jokowi Soal Tes CPNS Banjir Komentar



Putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu telah mengikuti tes tertulis CPNS dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) di Gedung Bakorwil II Surakarta pada Kamis, 23 Oktober 2014. Usai menjalani tes tersebut, Kahiyang Ayu berkicau menggunakan akun Twitter-nya, @Ayangkahiyang, dengan nada satire terkait tes CPNS. "Lulus ujian=kkn, nggak lulus ujian=bego," tulis Kahiyang." Kicauan itu pun langsung ditanggapi secara simpatik para pengguna Twitter lainnya.

Tweet Terakhir Gayatri si Gadis Ajaib: Tersenyumlah...

Gayatri Wailissa meninggal dunia pada usia belia, 19 tahun, saat tengah mengejar cita-citanya untuk menjadi diplomat. Semasa hidupnya, gadis ajaib ini dikenal sebagai duta ASEAN (perhimpunan negara-negara Asia Tenggara) yang menguasai 14 bahasa. Beberapa hari sebelum kepergiannya, Gayatri sempat menuliskan kata-kata nasihat dalam akun Twitter-nya, @MissGayatriWLSS.

7 dari 7 halaman

November-Desember

November

Fungsi 3 Kartu 'Sakti' Jokowi



Pada hari ke-15 usai pelantikan, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Jokowi-JK) meluncurkan 3 kartu 'sakti' andalannya secara serentak. Ketiga kartu itu yakni Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Ketiga kartu itu dibagikan untuk kesejahteraan warga.

Kontras Tuding MA Jadi Mesin Penghapus Dosa Pollycarpus



Pembebasan bersyarat yang diberikan kepada Pollycarpus Budihari Priyanto, terpidana kasus pembunuhan aktivis HAM, Munir Said Thalib, menimbulkan pro-kontra. Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) pun menyebut Mahkamah Agung sebagai mesin penghapus dosa melalui putusan PK sebanyak 2 kali.

Desember

Menpora Cerita Ramalan Gus Dur pada Ahok



Menpora Imam Nahrawi bercerita, jabatan gubernur yang diemban Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sekarang ini telah diprediksi Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur beberapa tahun lalu. Ahok pun mengiyakan Gus Dur pernah meramalnya akan menjabat gubernur. Dan, ucapan Gus Dur pun menjadi kenyataan.

Evaluasi 2 Bulan Kinerja Jokowi-JK Terkait Penegakan HAM



Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) pesimistis pemerintahan Jokowi-JK dapat merealisasikan sejumlah agenda penegakan HAM. Koordinator Kontras Haris Azhar mengatakan, dalam perayaan Hari HAM sedunia yang jatuh 10 Desember 2014 masih diwarnai tragedi-tragedi kemanusiaan yang mereduksi agenda akuntabilitas negara. (Ans/Mut)

Lihat motion graphics Kaleidoskop News Sosial dan HAM 2014 di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini