Sukses

Gaya Blusukan 6 Menteri Jokowi

Sejumlah menteri Kabinet Kerja Jokowi kerap melakukan inspeksi mendadak dengan gaya yang berbeda-beda.

Liputan6.com, Jakarta - Gaya blusukan Presiden Joko Widodo kini ditiru oleh sejumlah menteri-menteri di kabinetnya. Sejumlah menteri Kabinet Kerja Jokowi kerap melakukan inspeksi mendadak dengan gaya yang berbeda-beda.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (6/11/2014), Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri nekat memanjat pagar tempat penampungan TKW di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Tindakan ini dilakukan lantaran Menaker berang pagar rumah penampungan tak kunjung dibuka. Sang menteri makin marah setelah menemukan kondisi tak layak di 2 lokasi penampungan TKW yang dikunjunginya. Ia pun memutuskan, TKW akan diberangkatkan melalui perusahaan lain.

Sidak juga dilakukan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Jonan menemukan panjangnya antrean penumpang serta fasilitas penerangan yang tidak berfungsi di sejumlah terminal bandara.

Dengan gayanya yang khas, blusukan juga dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Susi disambut nelayan dan warga saat blusukan ke pelabuhan nelayan Cikidang, Pangandaran, Jawa Barat yang pembangunannya mangkrak bertahun-tahun.

Blusukan juga dilakukan sejumlah menteri lain. Sidak Kamis (6/11/2014) pagi tadi bukanlah yang pertama dilakukan Menteri Perdagangan Rahmat Gobel dan Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga ke pasar.

Kali ini, kedua menteri tersebut mengecek stok dan harga beras di Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur. Pengecekan ini dilakukan untuk menghadapi spekulasi pasar terkait isu kenaikan harga BBM.

Di Kalimantan Selatan, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa Rabu 5 November kemarin juga mendatangi Panti Sosial Budi Luhur, Guntung Payung, Kota Banjarbaru. Kedatangan Khofifah ini terkait program kartu kesejahteraan Presiden Joko Widodo.

Tindakan para menteri turun langsung ke lapangan ini mendapat respon positif dari sejumlah  masyarakat. Masyarakat ternyata merindukan sosok pejabat yang bisa dekat dengan rakyatnya. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.