Sukses

Perkenalkan 'Salam', Aplikasi Pedoman untuk Ibadah Haji

Aplikasi pedoman haji bernama Salam bisa mendeteksi keberadaan teman jemaah haji jika tersesat.

Liputan6.com, Arab Saudi - Setiap tahun, jutaan umat Muslim dari berbagai belahan dunia datang ke Mekah, Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (4/10/2014), terkait dengan perjalanan suci itu, perusahaan asal Dubai, Hajjnet berhasil menciptakan sebuah aplikasi yang bisa dijadikan pedoman dalam melakukan ibadah haji dan umrah. Aplikasi ini dikenal dengan nama Salam.

Beberapa fitur aplikasi tersebut di antaranya daftar barang-barang yang akan dibawa, serta peta untuk mendeteksi keberadaan teman jemaah haji lainnya jika tersesat.

Untuk menciptakan aplikasi tersebut, Hajjnet melakukan kerjasama dengan seorang ilustrator untuk memvisualisasikan rukun-rukun haji.

Dalam aplikasi Salam juga terdapat fitur penghitung Tawaf, surat-surat Alquran, serta jadwal waktu salat. Aplikasi ini pertama kali diciptakan pada 2012 lalu. Hingga kini penggunanya, terutama jemaah haji sudah mencapai 500 ribu orang. (Riz)

Baca juga:

Kiswah Kabah Diganti Hari Ini

Seluruh Jemaah Haji Wukuf di Padang Arafah Hari Ini

Jemaah Haji Bisa Bayar Pakai Rupiah di Toko Jeddah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.