Sukses

SI-UK Terus Cari Pelajar Indonesia Bisa Raih Pendidikan Tinggi di Inggris

PT Studi Internasional Ultima Kemitraan atau lebih dikenal dengan Study in UK (SI-UK) Indonesia merupakan satu-satunya organisasi Inggris cabang Indonesia yang khusus mewakili universitas-universitas ternama wilayah Inggris Raya (UK).

Liputan6.com, Jakarta - PT Studi Internasional Ultima Kemitraan atau lebih dikenal dengan Study in UK (SI-UK) Indonesia merupakan satu-satunya organisasi Inggris cabang Indonesia yang khusus mewakili universitas-universitas ternama wilayah Inggris Raya (UK).

Sebagai organisasi independen terkemuka, SI-UK Indonesia berkomitmen kuat untuk membantu para pelajar di Indonesia bisa meraih pendidikan tinggi terbaik dan mendapatkan pengalaman berkarier.

Caranya dengan memfasilitasi konsultasi unbiased dan melayani all-inclusive service kepada para pelajar Indonesia yang memiliki mimpi mendaftarkan diri ke universitas pilihan manapun di UK. Hal itu seperti disampaikan Global Business Development Manager SI-UK Global, Pradeep Adhikari.

"Hingga saat ini, SI-UK telah memiliki 92 kantor di lebih dari 40 negara dan secara eksklusif bekerja sama dengan seluruh universitas di Inggris Raya. Kami membuka kantor di Indonesia sejak 2021 dan kami sangat antusias melihat pertumbuhan minat para pelajar Indonesia untuk melanjutkan sekolah mereka di UK," ujar Pradeep melalui keterangan tertulis, Rabu (11/10/2023).

Dia menjelaskan, dalam misi memperluas akses dan peluang bagi para calon mahasiswa Indonesia dapat semakin dekat dengan universitas-universitas impian mereka.

"Setelah sukses dengan gelaran 'Study in UK Expo 2023' pada 7 Oktober lalu, SI-UK Indonesia lanjut melangkah dengan membawa lebih dari 13 universitas bergengsi dari UK untuk berinteraksi langsung dengan siswa-siswi di 8 Sekolah Menengah Atas (SMA) Jakarta dan sekitarnya melalui ‘Study in UK High School Roadshow 2023’ yang berlangsung dari 9 hingga 13 Oktober 2023," jelas Pradeep.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berhasil Jawab Ribuan Mahasiswa

Country Director SI-UK Indonesia, Gianti Atmojo menambahkan, sudah dua kali menyelenggarakan sepanjang 2023, Study in UK Expo sendiri telah berhasil menjawab excitement lebih dari 3.000 calon mahasiswa yang terdata dalam link registrasi.

"Kami berharap langkah-langkah yang kami tempuh, baik melalui pameran tahunan kami, Study in UK Expo, ataupun Study in UK High School Roadshow, akan dapat mendekatkan universitas-universitas impian para pelajar Indonesia dan semakin mendukung aspirasi mereka dalam meraih pendidikan berkualitas di Inggris Raya," terang Gianti.

Menurut Gianti, inisiatif yang dilakukan oleh SI-UK Indonesia ini memberikan kesempatan langka bagi para calon mahasiswa Indonesia untuk bisa mendapatkan inspirasi serta informasi paling lengkap mengenai kampus dan jurusan yang diminati, melalui diskusi dengan perwakilan langsung dari universitas yang hadir, termasuk diantaranya Cardiff University, Queen’s University Belfast dan University of Essex.

Salah satu pencapaian penting dari langkah yang diambil organisasi adalah terciptanya kesepakatan awal (conditional offers) bagi para calon mahasiswa Indonesia dengan universitas-universitas impian mereka.

"Konsultan profesional kami juga akan siap memandu dan memberikan insights terkait langkah-langkah teknis pendaftaran kuliah melalui SI-UK Indonesia. Kami juga akan memberikan konsultasi serta informasi lengkap mengenai program studi, beasiswa, persyaratan masuk, bahkan tentang budaya di Inggris, sehingga para calon mahasiswa bisa merasa tenang, lebih mudah dan lancar dalam melakukan persiapan. Konsultasi dan pelayanan pendaftaran melalui SI-UK itu GRATIS karena kami merupakan perpanjangan tangan langsung dari seluruh universitas UK," tegas Gianti.

 

3 dari 4 halaman

Daftar Sekolah Penyelenggaraan Roadshow

Berikut daftar Sekolah Menengah Atas (SMA)-Study in UK High School Roadshow 2023:

1. Saint Nicholas School, Jakarta Utara

2. Lilin Bangsa Intercultural School, Jakarta Utara

3. SIS South Jakarta, Jakarta Selatan

4. Sekolah Cikal Lebak Bulus, Jakarta Selatan

5. Buana Siswa Pratama School, Jakarta Utara

6. Sekolah Victory Plus, Bekasi

7. Sampoerna Academy Sentul, Bogor

8. Sampoerna Academy BSD, Tangerang Selatan

Pada pameran pendidikan Study in UK Expo 2023 lalu, selain perwakilan langsung dari masing-masing universitas, SI-UK Indonesia juga turut menghadirkan representatif untuk Program Beasiswa Chevening, yang merupakan flagship program dari pemerintah UK.

Program Beasiswa Chevening bermitra dengan seluruh universitas di Inggris Raya dan telah hadir selama 40 tahun, menawarkan program 1 tahun pascasarjana (S2) di semua jurusan.

Perwakilan Kedutaan Besar Inggris Jakarta untuk Program Beasiswa Chevening dan Koordinator Alumni Vonny Lisayani pada kesempatannya mengatakan, sejak 1983, program yang dilakukan terus mencari calon mahasiswa yang dapat menjadi pemimpin berpengaruh di negara asal mereka.

"Hingga saat ini, Program Beasiswa Chevening telah memiliki lebih dari 55ribu orang alumni secara global dan diantaranya ada sebanyak 20 orang alumni tercatat pernah ataupun saat ini masih menjabat sebagai pemimpin negara di dunia," kata Vonny.

 

4 dari 4 halaman

Telah Lahirkan Ribuan Orang

Menurut Vonny, program beasiswa Chevening di Indonesia sendiri telah melahirkan hampir 2.000 orang alumni dan beberapa dari mereka merupakan tokoh berpengaruh tanah air, seperti Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) Tito Karnavian, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nezar Patria, lalu Duta Besar Indonesia untuk Inggris dan Irlandia Desra Percaya.

Kemudian, Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Atnike Nova Sigiro, Sutradara Film Indonesia Riri Riza, serta aktris dan pembawa berita Marissa Anita.

"Keberagaman bidang dan profesionalitas ini menunjukkan diversifikasi serta prioritas para alumni asal Indonesia yang sangat aktif memberikan kontribusi bagi bangsa dan negaranya. Oleh karena itu, kami sangat antusias berpartisipasi bersama SI-UK Indonesia untuk memperluas edukasi mengenai Program Beasiswa Chevening dan mengajak lebih banyak lagi calon mahasiswa agar bisa mengikuti kesempatan pendaftaran yang dibuka hingga 7 November 2023 mendatang," kata Vonny.

Selain itu, ada juga booth British Council saat gelaran Study in UK Expo 2023. Hal itu disampaikan Head of Education, British Council Indonesia, Muhaimin Syamsuddin dalam sambutannya saat sesi pembukaan pameran.

"Kami sangat senang bisa mengikuti kegiatan Study in UK Expo 2023, bertemu dengan perwakilan dari seluruh universitas, serta tentunya untuk bisa menyapa dan memberikan informasi lebih lengkap kepada para calon mahasiswa," ucap Muhaimin.

Muhaimin menyebutkan, selain informasi terkait budaya dan kursus berbahasa Inggris, British Council juga memberikan edukasi terkait 2 program beasiswa yang ditawarkan, yaitu GREAT Scholarship dan WOMEN IN STEM Scholarship.

"Kami melihat adanya gap yang cukup besar antara pendaftar beasiswa, terutama para dari sisi mahasiswi. Karena itu, kami ingin lebih menginspirasi wanita Indonesia yang ingin melanjutkan sekolah mereka di Inggris Raya melalui program beasiswa WOMEN IN STEM ini," ucap dia.

"Untuk informasi terkini mengenai SI-UK Indonesia ataupun konsultasi, para calon mahasiswa maupun orang tua dapat langsung mengikuti akun instagram resmi SI-UK Indonesia (@siukindonesia), mengunjungi situs resmi organisasi di www.studyin-uk.id, berkomunikasi via telepon atau Whatsapp di nomor layanan +62 812-9233-9008, atau mendatangi langsung kantor SI-UK Indonesia yang berlokasi di The Kensington Office Tower, Kelapa Gading, Jakarta Utara dan The Brooklyn SOHO Tower, Alam Sutera, Tangerang Selatan," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.