Sukses

Tak Kuat Menahan Beban, Jembatan Comal Ambles Lagi

Diperkirakan satu sisi perbaikan permanen terhadap Jembatan Kali Comal akan berlangsung hingga 3 bulan ke depan.

Liputan6.com, Pemalang - Akibat terus dilalui kendaraan berat dan melebihi tonase yang sudah ditentukan Bina Marga, Jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah, kembali mengalami penurunan atau ambles.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (9/8/2014), dalam beberapa hari terakhir, penurunan oprit atau jalan penghubung jembatan bahkan sudah mencapai 10 centimeter lebih. Jika tidak segera dilakukan penambalan, akan sangat membahayakan pondasi jembatan terbesar di jalur Pantura tersebut.

Rencananya Bina Marga akan mempercepat pemasangan tiang pemancang di pondasi jembatan. Setidaknya 30 titik tiang pemancang akan ditambahkan guna memperkuat pondasi Jembatan Kali Comal.

Pemasangan tiang tambahan ini setidaknya dilakukan hari ini, setelah pemadatan daerah aliran sungai yang berada di bawah jembatan.

Diperkirakan satu sisi perbaikan permanen terhadap Jembatan Kali Comal akan berlangsung hingga 3 bulan ke depan.

Karena itu diharapkan setiap kendaraan yang akan melintasi Jembatan Kali Comal Tidak melebihi tonase yang sudah ditentukan, yakni di bawah 10 ton. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini