Sukses

Musi Banyuasin Pelopor Pembangunan Desa

Untuk akselerasi dan pemerataan pembangunan hingga ke tingkat pedesaan, Pahri Azhari mencanangkan program 1 Miliar 1 Desa.

Liputan6.com, Musi Banyuasin - Perhatiannya terhadap desa tidak perlu diragukan lagi. Melalui program `1 Miliar 1 Desa`, H. Pahri Azhari dianggap sebagai pelopor pembangunan desa di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Berbagai penghargaan dirinya dapatkan demi mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Seperti yang terdapat dalam website beritamuba.com, program 1 Miliar 1 Desa merupakan program unggulan Kabupaten Muba untuk mewujudkan visi `Permata Muba 2017`. Pahri juga berharap program 1 Miliar 1 Desa menjadi contoh secara nasional dan menjadi cikal bakal APBD Desa di kemudian hari.

"Pemkab Muba memiliki visi Permata Muba 2017 yaitu Penguatan Ekonomi Kerakyatan Religius Mandiri Adil Terdepan Maju Bersama. Visi ini harus menjadi tekad yang harus diwujudkan demi terwujudnya kemajuan bersama,” ujar Pahri.

Kabupaten Musi Banyuasin tercatat memiliki 240 desa yang artinya terdapat alokasi dana Rp 240 Miliar setiap tahunnya bagi pengembangan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di desa.

“Selain untuk pembangunan fisik, dana 1 Miliar 1 Desa juga dapat dipergunakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di desa melalui kelompok usaha,” imbuhnya.

Sebagai program unggulan dan telah berjalan sejak tahun 2013. Pemkab Muba mengusung tema alokasi dana desa 1 Miliar 1 Desa dalam kegiatan Apkasi International Trade and Investment Summit (AITIS) 2014 di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Muba, H. Ihwan Muslimin MM selaku Sekretaris pelaksana kegiatan mengutarakan, dengan mengusung tema 1 Miliar 1 Desa pada ajang pameran bertaraf internasional tersebut sebagai salah satu akselerasi dan pemerataan pembangunan hingga ke tingkat perdesaan.

Sebagai tambahan informasi, pada Desember 2013 lalu, UU Desa telah disahkan. Pemerintah pusat juga mewacanakan untuk mengalokasikan dana Rp 1 miliar di tiap desa. Apabila hal ini terealisasi secara bersamaan dengan program Pemkab Muba, menurut Bupati Muba, H. Pahri Azhari alokasi dana di tiap desa di Kabupaten Musi Banyuasin dapat meningkat menjadi Rp 2 miliar per desa. (Adv/Gil)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini