Sukses

Pesona Nusakambangan Berpotensi Sekelas Bali

Pulau Nusakambangan tidak hanya pulau penjara untuk para narapidana, pulau ini juga memiliki potensi wisata alam yang luas biasa.

Liputan6.com, Cilacap - Jika Anda mendengar nama Nusakambangan, apa yang terlintas di pikiran Anda? Ya, sebuah pulau penjara yang berisi narapidana dengan kasus berat atau berbahaya. Tidak salah memang, namun bagi Anda yang pernah melihat pulau ini secara langsung pasti akan kagum dengan bentangan alamnya yang indah dan cantik.

Pulau Nusakambangan terletak di bagian lepas pantai selatan Jawa Tengah ini merupakan bagian dari Kabupaten Cilacap. Pulau Nusakambangan memiliki beberapa pantai pasir putih yang indah dan wisata gua yang menarik untuk dikunjungi dan dinikmati.

Dengan potensi pulau yang begitu besar, tidak heran bila Pemkab Cilacap berkeinginan untuk mengelola pesona Nusakambangan sebagai daya tarik wisata andalan dari Kabupaten Cilacap sekaligus sebagai upaya untuk melakukan konservasi lingkungan, seperti yang tertulis dalam website Kabupaten Cilacap.

"Pemkab Cilacap terus melakukan koordinasi dengan semua pihak terikat, termasuk Kementerian Hukum dan HAM, dalam rangka pengelolaan dan pemanfaatan wisata di Nusakambangan. Kerja sama ini dimaksudkan untuk ikut menyelamatkan dan memanfaatkan Nusakambangan yang memiliki pesona dan keelokan wisata, mulai pantai pasir putih hingga wisata gua-gua, "kata Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, ketika menjawab pertanyaan dari reporter SCTV, belum lama ini.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, ketika potensi yang sangat indah itu ada di Nusakambangan dan tidak ada pihak yang bertanggung jawab untuk mengelolanya, maka keindahan pesona alam disana terancam rusak. Kerusakan itu salah satunya bisa ditimbulkan oleh illegal logging, sehingga kekayaan dan keanekaragaman flora dan fauna yang ada di dalamnya dikhawatirkan akan punah.

Mengingat pada pertimbangan-pertimbangan tersebut, Bupati Cilacap ini mengatakan pembicaraan terkait pengelolaan wisata di Nusakambangan sudah ada lampu hijau dari Kementerian Hukum dan HAM. Menurutnya, pesona Wisata di Pulau Nusakambangan tidak kalah dengan wisata-wisata yang ada di Pulau Bali

Pada Februari lalu, Pemkab Cilacap menggandeng Komunitas Harley-Davidson mengadakan event Nusakambangan Rider 2014. Melalui ajang ini Pemkab Cilacap mengajak para anggota komunitas motor gede untuk melihat potensi wisata yang dimiliki Nusakambangan sekaligus menjadi moment untuk menarik investor agar menanamkan modalnya untuk membangun pariwisata di Cilacap.

“Cilacap ini sangat potensial untuk dikembangkan objek wisatanya, satu di antaranya Pulau Nusakambangan. Sesuai tujuan kita adalah untuk membantu pengembangan wisata di Cilacap khususnya dan daerah lain di Indonesia seperti yang sudah pernah kami sambangi,” kata Pembina Harley Owner Group (HOG), Sunarto. (Adv/Gil/cilacapkab.go.id)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.