Sukses

Siang Ini M.A. Rahman Dilantik Menjadi Jaksa Agung

Presiden Megawati Sukarnoputri menunjuk M.A Rahman menjadi Jaksa Agung. Presiden akan melantik Rahman menjadi Jaksa Agung definitif besok pagi pukul 13.00 WIB di Istana Negara.

Liputan6.com, Jakarta: Muhammad Abdul Rahman ditunjuk Presiden Megawati Sukarnoputri menjadi Jaksa Agung, Selasa (14/8). Menurut Sekretaris Negara/Sekretaris Kabinet Bambang Kesowo, Rahman akan dilantik Presiden, Rabu besok pukul 13.00 WIB di Istana Negara. Rahman adalah Jaksa Agung di luar bursa calon kuat yang santer diberitakan, seperti Todung Mulya Lubis, Achmad Ali, Soeripto dan Munir.

Rahman mengawali karirnya dari bawah. Di kota kelahirannya Sumenep, Madura, Rahman sempat menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri setempat. Kemudian karirnya meningkat menjadi Asisten Intel Kejaksaan Tinggi Medan, Sumatra Utara. Karirnya kemudian meningkat setelah menjadi Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum. Namun, semasa Kejagung dipimpin Marzuki Darusman, Rahman terlempar dan ditempatkan sebagai Staf Ahli Jaksa Agung. Jabatan JAM Pidum kembali digenggamnya ketika Kejagung dipimpin Baharuddin Lopa.

Sementara itu, pengumuman Jaksa Agung sudah ditunggu-tunggu wartawan sejak petang. Sekitar pukul 22.00 WIB wartawan sudah berniat pulang. Namun, 12 menit kemudian Bambang Kesowo datang dari kediaman Mega, Jl Teuku Umar 27, Menteng, Jakarta Pusat. Bambang Kesowo bergegas menggelar jumpa pers selama 3 menit.

Selain itu, pengumuman Jaksa Agung telah ditunggu-tunggu masyarakat. Pasalnya, Megawati tak seperti pendahulunya yang selalu mengumumkan Jaksa Agung dalam pengumuman kabinet. Ada dugaan, penundaan pengumuman itu karena ada tarik ulur kepentingan di tingkat elite politik [baca: Megawati Diharapkan Memilih Figur Jaksa Agung yang Tepat].(YYT/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini