Sukses

<i>Kombucha</i>, Teh Jamur nan Manjur

Minuman teh jamur yang berasal dari Cina bisa mengobati diabetes dan tekanan darah tinggi. Kombucha adalah teh yang dicampur dengan jamur yang diambil langsung dari Laut Cina Selatan.

Liputan6.com, Jakarta: Penderita diabetes, darah tinggi, dan kolesterol kini bisa mencoba terapi dengan minuman teh jamur yang disebut kombucha. Nama kombucha berasal dari kata "kombu", nama tabib dari cina, dan "ca" yang berarti teh. Kombucha sendiri adalah teh yang dicampur dengan jamur yang diambil langsung dari Laut Cina Selatan.

Banyak yang sudah membuktikan khasiat teh ini. Hamzah, misalnya, sudah sejak enam bulan lalu mengkonsumsi kombucha untuk mengatasi diabetes. Awalnya dia mengaku sudah pasrah dengan penyakit yang dialami. "Tapi setelah mencoba teh ini, ternyata manjur sekali," ujar Hamzah.

Harga teh ini bervariasi, tergantung dari besarnya jamur yang digunakan. Mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 1 juta. Kini, kombuca sudah banyak dijual di toko-toko obat tradisional Cina.(ADO/Zwasty Andria dan Bondan Wicaksono)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.