Sukses

Sutiyoso Dipaksa Bersaksi di Sydney

Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso membatalkan acara di Sydney, Australia, karena mendapat perlakuan tidak pantas. Dia dipaksa bersaksi oleh kejaksaan setempat menyangkut peristiwa Timor Timur.

Liputan6.com, Sydney: Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso dikabarkan ditangkap polisi Australia di kamar hotel tempatnya menginap di Sydney, belum lama ini. Sutiyoso dibawa ke kantor polisi untuk diinterogasi soal tewasnya lima wartawan Australia di Timor Timur tahun 1975.

Namun, Duta Besar Indonesia untuk Australia, Hamzah Thayeb, membantah adanya berita penangkapan tersebut. Menurut Hamzah, yang terjadi sesungguhnya, kedatangan Sutiyoso merupakan undangan resmi dari Moris Iema, Premier Minister atau Gubernur Negara Bagian New South Wales (NSW), dalam rangka mewujudkan kota kembar antara Jakarta dan Sydney.

Namun, Kejaksaan NSW memaksa Sutiyoso untuk memberikan kesaksian seputar peristiwa Timor Timur. Karena mendapat perlakuan tidak pantas, Sutiyoso langsung bertolak kembali ke Jakarta.(ADO/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.