Sukses

Nabila Lutvia Tanjung

Nabila Lutvia Tanjung

Internship
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Cek Fakta

Khofifah Sebut Masyarakat Harus Bijak Bermedia Sosial di Tahun Politik

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa mengajak masyarakat harus bijak menggunakan media sosial di tahun politik.
Ilustrasi kejahatan siber
Cek Fakta

Kaum Kepompong Sering Jadi Korban Kejahatan Siber, Siapa Itu?

Pakar Keamanan siber sebut korban kejahatan siber terkait keuangan biasanya dari Kaum Kepompong. Tetapi apa itu kaum kepompong dan mengapa mereka mudah untuk menjadi korban kejahatan siber? Simak penjelasannya.
ilustrasi Hoax{Liputan6.com/Abdillah)
Cek Fakta

BNPT Minta Masyarakat Tak Mudah Terpengaruh Informasi Hoaks di Media Sosial

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Republik Indonesia, berharap masyarakat Aceh tak mudah terpengaruh Informasi hoaks yang beredar.
Ilustrasi hoaks
Cek Fakta

Tangani Hoaks di Ruang Digital, Polda Kalteng Kedepankan Pembinaan

Polda Kalteng punya cara berbeda untuk menangani peredaran hoaks di ruang digital.
Ilustrasi fakta, cek fakta. (Photo by Agence Olloweb on Unsplash)
Cek Fakta

Jeratan Hoaks Berbahaya, Simak Tips Menghindarinya

Informasi Hoaks banyak bersebaran di dunia digital, maka dari itu kita wajib untuk mengetahui dan mendeteksi Informasi-Informasi yang bersebaran di platform media sosial kita, agar terhindar dari jerat Informasi hoaks.
Koordinator Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Hary Tirto Djatmiko. 
Cek Fakta

Tips Tangkal Hoaks Seputar Bencana dari BMKG

BMKG mengimbau, masyarakat untuk waspada terhadap informasi palsu atau hoaks seputar bencana yang tersebar di media sosial.
Ilustrasi: Aplikasi TikTok (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)
Cek Fakta

Cegah Hoaks, Tiktok Berikan Label untuk Konten Buatan AI

Platform media sosial Tiktok mulai memberikan label khusus, pada unggahan konten-konten yang dibuat oleh Kecerdasan Buatan (AI).
INFOGRAFIS_Waspada Sebaran Hoaks saat Hari Pemungutan Suara! (Liputan6.com/Abdillah)
Cek Fakta

Hoaks Bisa Bikin Anda Terpikat, Berikut Faktanya

Tak bisa dipungkuri lagi bahwa hoaks sudah merajarela kemana-mana. Lantas apa yang membuat hoaks begitu memikat ketertarikan kita? Simak berbagai alasannya.
ilustrasi Cek Fakta (Liputan6.com/Trie yas)
Cek Fakta

Awas Terpengaruh Hoaks, Simak 5 Tips Mengidentifikasinya

pengguna media sosial dihadapkan pada masalah informasi hoaks yang selalu bermunculan di internet, untuk menghindarinya diperlukan pengetahuan mengidentifikasi informasi bohong tersebut.
Anak-anak belajar internet saat pelatihan program Kebumen Desa Digital di Desa Tambakprogaten, Kabupaten Kebumen, Jateng, Minggu (6/5). Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan tingkat literasi digital. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Cek Fakta

Bantu Anak Hadapi Misinformasi di Ruang Digital, Berikut Caranya

Mengajari anak kita cara mengenali berita palsu sangatlah penting, tetapi penting juga membantu mereka menghadapi misinformasi atau berita palsu diruang digital.
Ilustrasi AI. (Foto: Unsplash/Mohamed Nohassi)
Cek Fakta

Hasil Survei, Warga Australia Tidak Mempercayai Konten Berita Buatan AI

Beberapa warga Australia tidak mempercayai konten-konten berita yang di buat menggunakan teknologi Kecerdasan Buatan (AI). mengapa hal itu bisa terjadi? Berikut penjelasannya.
ilustrasi Cek Fakta (Liputan6.com/Trie yas)
Cek Fakta

Kemenkominfo Gelar Webinar 'Bijak Berinteraksi di Media Sosial', Ajak Warga Sukabumi Tingkatkan Literasi Digital

Kominfo menggelar Webinar dengan tema "Bijak Berinteraksi di Media Sosial", yang diikuti oleh ribuan pelajar tingkat SD hingga SMP se-kota Sukabumi.
ilustrasi Cek Fakta teknologi
Cek Fakta

Kemendikbud Sebut Perkembangan AI Dorong Kemajuan Pendidikan Tinggi di Indonesia

Kemendikbudristek menyatakan, perkembangan teknologi kecerdasaan buatan, dapat mendukung kemajuan pendidikan Indonesia, termasuk di tingkat perguruan tinggi.
Erdianto (45) pedagang warung sembako tradisional sedang melayani pembeli secara langsung di Pinggir jalan Villa Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (25/08/2020). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Cek Fakta

Ragam Fakta di Balik Kabar Viral Pelarangan Warung Madura Jualan 24 Jam

Akhir-akhir ini Warung Madura ramai diperbincangkan di kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya, beredar kabar warung ini dilarang berjualan hingga 24 jam.
ilustrasi Cek Fakta
Cek Fakta

Awas Penipuan dengan Meniru Identitas, Simak Tips Mengenalinya

Penipuan peniruan identitas dilakukan dengan beragam cara agar kita mengirim uang ke pelaku kejahatan, agar tidak menjadi korban kenali aksinya dalam artikel berikut ini.
Ilustrasi Generasi Z atau Gen Z (Foto By AI)
Cek Fakta

GenZ Lebih Rentan Terpapar Hoaks? Simak Penjelasannya

Sebuah Survei yang dilakukan Universitas Cambridge menunjukkan bahwa, GenZ dan milenial lebih rentan terhadap berita palsu dibandingkan generasi yang lebih tua. Meskipun mereka menghabiskan lebih banyak waktu di media online dibanding generasi yang lebih tua.
ilustrasi Cek Fakta (Liputan6.com/Trie yas)
Cek Fakta

Cara Mengenali Misinformasi dan Disinformasi saat Media Sosial Dibanjiri Informasi

Salah satu hal terbaik tentang internet adalah ia merupakan gudang pengetahuan yang sangat luas dan kekayaan pengetahuan ini bisa kita dapatkan hanya dengan beberapa klik saja. Namun, akses terhadap informasi yang tidak terbatas ini juga memiliki banyak tantangan. Mengapa dan bagaimana kita bisa mengalami begitu banyak disinformasi saat ini? dan bagaimana cara mengenali disinformasi itu?
ilustrasi Cek Fakta
Cek Fakta

Pemerintah dan Masyarakat Harus Bersinergi Dalam Atasi Hoaks

Pengamat Telematika Direktur Eksekutif ICT Institute, Heru Sutadi mengatakan, berbicara soal informasi hoaks, sudah menjadi salah satu tugas pemerintah, untuk dapat membangun edukasi dan komunikasi yang efektif kepada masyarakat, dan masyarakat juga harus mengambil peran, dalam memerangi informasi hoaks di media sosial.
Ilustrasi Cek Fakta
Cek Fakta

3 Pertanyaan Sederhana untuk Mendeteksi Hoaks di Media Sosial

Banyak informasi hoaks yang beredar di media sosial, membuat kita kebingungan membedakan berita benar dan tidak benar. Tetapi kita bisa mendeteksi hoaks dengan tiga pertanyaan sederhana, yang bisa kita tanyakan kepada diri sendiri saat mendapatkan informasi di media sosial.
ilustrasi Cek Fakta (Liputan6.com/Trie yas)
Cek Fakta

Waspada Konten Palsu yang Dihasilkan AI, Simak Beragam Jenisnya

Para Ahli telah menyatakan keprihatinannya mengenai prevalensi konten, yang dihasilkan AI dan pola-pola baru yang akan menghasilkan beberapa konten-konten palsu buatan AI di Tahun 2024.
INFOGRAFIS_Waspada Sebaran Hoaks saat Hari Pemungutan Suara! (Liputan6.com/Abdillah)
Cek Fakta

Penyebaran Hoaks Menyulitkan Masyarakat Dunia Mengakses Informasi yang Benar

Menurut Forum Ekonomi Dunia, misinformasi adalah risiko nomor satu yang dihadapi masyarakat selama dua tahun ke depan. Salah satu cara utama penyebaran berita palsu adalah ketika orang-orang membagikannya ke jejaring sosial media mereka sendiri.
CFO deepfake menciptakan tantangan tambahan dalam mengidentifikasi keaslian seseorang dalam konteks digital. Sumber: Odditycentral //  Photo: Riki32/Pixabay
Cek Fakta

Perusahaan Keamanan Siber, Ingatkan Organisasi dan Individu terhadap Peningkatan Deepfake

Sebuah Perusahaan Keamanan Siber Kaspersky, memperingatkan organisasi dan individu untuk waspada, karena deepfake masih akan menjadi masalah yang lebih besar di masa depan.
ilustrasi Hoax {Liputan6.com/Abdillah)
Cek Fakta

Forum Ekonomi Dunia Sebut Hoaks Didukung AI Jadi Ancaman Terbesar Ekonomi Global

Forum Ekonomi Dunia (WEF) menyatakan bahwa, risiko terbesar terhadap perekonomian global tahun ini adalah informasi palsu atau hoaks yang diproduksi oleh kecerdasan buatan
Ilustrasi hoaks, berita palsu. (Image by redgreystock on Freepik)
Cek Fakta

Peneliti Temukan Cara Baru Memerangi Disinformasi di Media Sosial

Para Peneliti dari Universitas Brandeis, Universitas George Mason, Universitas Carnegie Mellon dan Institut Teknologi Massachusetts, melakukan penyelidikan terhadap dinamika penyebaran disinformasi di media sosial.
ilustrasi Cek Fakta
Cek Fakta

Studi Ungkap Organisasi Media Kurang Memiliki Kebijakan Soal Gambar yang dihasilkan AI

Menurut sebuah penelitian yang dipimpin oleh RMIT University mengatakan, media memerlukan kebijakan dan proses yang jelas seputar penggunaan citra yang dihasikan AI.
Ilustrasi penipuan aplikasi bodong bermodus undangan pernikahan/Istimewa.
Cek Fakta

Wamen Nezar Ingatkan Masyarakat Waspadai Penipuan Belanja Online yang Memanfaatkan AI

Wakil Menteri Komunikasi dan Informasi Nezar Partia mengingatkan masyarakat, untuk waspada terhadap praktik penipuan dalam berbelanja daring, dengan memanfaatkan teknologi Kecerdasan Buatan (AI).
Ilustrasi literasi digital (ilustrasi: AI)
Cek Fakta

Deepfake Audio AI Digunakan untuk Menipu hingga Ciptakan Hoaks, Deteksi dengan Cara Ini

Kecerdasan buatan (AI) semakin meningkatkan deepfake audio, dengan peringatan yang berbunyi di berbagai bidang, mulai dari politik hingga penipuan keuangan.
ilustrasi Cek Fakta (Liputan6.com/Trie yas)
Cek Fakta

Cara Mengidentifikasi Disinformasi dan Misinformasi di Media Sosial, Simak Biar Tak Terkecoh

Peneliti Andrew Chadwick dan Cristian Vaccari mengatakan, orang-orang pasti setiap hari menemukan informasi palsu dan menyesatkan di media sosial. Perbedaan antara berita yang dapat dipercaya dan tidak di forum publik, telah menjadi topik yang sering dibicarakan dan terkadang berkembang selama beberapa tahun terakhir.
Anak muda Indonesia menjadi top kreator dunia untuk kampanye global Meta #BulanKebaikan. (Unsplash/MuhammadAsyfaul).
Cek Fakta

Meta Berikan Label pada Konten yang Dibuat oleh AI

Meta memperbarui kebijakannya mengenai konten yang dibuat oleh Kecerdasan Buatan (AI), dengan memberikan label "Made With AI" yang berlaku di media sosial Instagram, Facebook dan Threads.
Ilustrasi fakta, cek fakta. (Photo by Agence Olloweb on Unsplash)
Cek Fakta

Google Berkolaborasi dengan AAP Atasi Misinformasi

Google dan Australian Associated Press (AAP) telah meluncurkan kemitraan untuk memperluas pemeriksaan fakta terhadap misinformasi dan disinformasi di Australia dan Selandia Baru.
ilustrasi Cek Fakta (Liputan6.com/Trie yas)
Cek Fakta

Simak Kiat Melakukan Transaksi Keuangan Digital dengan Aman

Deputi Direktur Pelaksanaan Edukasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Halimatus Sa'diyah, membagikan kiat melakukan transaksi keuangan di platform digital yang aman dari ancaman tindakan kejahatan.
Ilustrasi deepfake (Foto: Kaspersky)
Cek Fakta

Waspada Kejahatan yang Memanfaatkan Deepfake Mulai Incar Sektor Keuangan

Perusahaan yang menggunakan foto atau audio untuk memverifikasi identitas pelanggan, bersiap menghadapi pelaku kejahatan yang mempermainkan sistem AI generatif.
Ilustrasi Generasi Z atau Gen Z (Foto By AI)
Cek Fakta

Kemampuan Manusia Tak Akan Pudar Meskipun Pesatnya Perkembangan AI

AI tidak akan mampu menggantikan kualitas dan pengetahuan yang melekat dari manusia.
ilustrasi Cek Fakta teknologi
Cek Fakta

China Kampanyekan AI untuk Tingkatkan Pendidikan

Kementerian Pendidikan China baru-baru ini meluncurkan kampanye kecerdasan buatan (AI) untuk mendorong pendidikan.
Peneliti Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Nurul Amalia Salabi saat menjadi pembicara dalam virtual class
Cek Fakta

Perludem: Partisipasi Masyarakat Melawan Hoaks Pemilu 2024 Cukup Tinggi

Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Peludem) Nur Amalia Salabi mengatakan, Masyarakat tentunya sudah sangat berpastisipasi sebagai penyelenggara pemilu antisipasi hoaks di pemilu 2024.
Talkshow terkait literasi jadi bagian acara Kumpul Fakta yang digelar Liputan6.com, Senin (1/4). (Liputan6.com/Helmi Fitriansyah)
 
Cek Fakta

Gelar Kumpul Fakta, Liputan6.com Luncurkan Buku Saku Pemberantas Hoaks

Acara Kumpul Fakta ini juga digelar untuk memeringati International Fact-Checking Day atau Hari Cek Fakta Internasional yang jatuh pada tanggal 2 April.
Ilustrasi Literasi Digital (Liputan6.com/Trie Yasni)
Cek Fakta

Cegah Hoaks dengan CABE

Masyarakat harus meningkatkan literasi digital guna mencegah hoaks di ruang digital.
Cek Fakta Infografis pencurian data pribadi
Cek Fakta

Simak, 5 Cara Lindungi Diri dari Pencurian Siber

Dengan mengetahui apa yang harus dicari, Anda dapat mengurangi risiko menjadi korban pencurian dunia maya.
Ilustrasi literasi digital (ilustrasi: AI)
Cek Fakta

Tingkatkan Literasi SDM untuk Atasi Kemiskinan Digital

Ketua Asosiasi Pemimpin Digital Indonesia (APDI) Prof. Ignasius D.A Sutapa mengatakan peningkatan literasi digital pada sumber daya manusia menjadi salah satu upaya dalam mengatasi kemiskinan digital.
Pakar siber ungkap tips mencegah dan mengatasi kebocoran data pribadi. (unsplash/nelsonah hegu).
Cek Fakta

Kenali Ekosistem Transaksi Digital untuk Lindungi Data Pribadi

Pendiri Goleti.id, Heni Andriyani mengatakan pentingnya mengenali ekosistem transaksi digital untuk mencegah penyalahgunaan data pribadi.
Loading