Sukses

Deepfake Audio AI Digunakan untuk Menipu hingga Ciptakan Hoaks, Deteksi dengan Cara Ini

Kecerdasan buatan (AI) semakin meningkatkan deepfake audio, dengan peringatan yang berbunyi di berbagai bidang, mulai dari politik hingga penipuan keuangan.

Liputan6.com, Jakarta - Kecerdasan Buatan (AI) semakin meningkatkan dengan adanya deepfake audio, suara tiruan tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai bidang, mulai dari politik hingga penipuan keuangan.

Pemerintah Federal telah melarang Robocall yang menggunakan suara yang dihasilkan oleh AI dan menawarkan hadiah uang tunai, sebagai solusi untuk mengurangi kerugian akibat penipuan kloning suara.

Pada saat yang sama, para peneliti dan sektor swasta berlomba mengembangkan perangkat lunak untuk mendeteksi klon suara, dan perusahaan sering kali memasarkannya sebagai alat pendeteksi penipuan.

Peneliti AI dan Forensik di Univercity of California Sarah Barrington mengatakan, jika kita menyebut audio asli sebagai palsu, kita akan kehilangan kepercayaan pada segala hal.

"Jika kita menyebut audio asli sebagai palsu, katakanlah dalam konteks politik apa artinya itu bagi dunia? kita kehilangan kepercayaan pada segala hal, dan jika kita melabeli audio palsu sebagai asli, maka hal yang sama juga berlaku. Kita bisa membuat siapapun melakukan dan mengatakan apapun dan sepenuhnya memutar balikan wacana tentang kebenaran," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Solusi Teknologi Bukan Solusi Terbaik

Seiring dengan kemajuan teknologi generasi deepfake dan semakin sedikitnya tanda-tanda yang dapat diandalkan manusia, metode komputasi untuk pendeteksi menjadi hal yang biasa. Namun Eksperimen yang dilakukan oleh National Public Radio (NPR) menunjukkan, bahwa solusi teknologi bukanlah solusi terbaik untuk masalah pendeteksi suara yang dihasilkan AI.

NPR mengidentifikasi tiga penyedia deteksi audio deepfake yaitu, Pindrop Security, AI or Not dan AI Voice Detector. Sebagian besar mengklaim alat mereka lebih dari 90 persen akurat, dalam membedakan antara audio asli dan audio yang dihasilkan AI. Pindrop hanya berfungsi dengan bisnis, sementara yang lain tersedia untuk digunakan individu.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Face Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.