Sukses

7 Tips Bisa Bekerja Profesional di Kantor

Bekerja dan bergaul di kantor menuntut Anda untuk senantiasa bersikap profesional. Perbedaan aturan kerja tak akan menjadi masalah bagi para profesional mengingat dirinya bisa dengan cepat beradaptasi dengan berbagai situasi perusahaan.

Namun, di kehidupan modern seperti sekarangn ini, permintaan dari atasan terus meningkat. Hanya orang-orang dengan sikap dan kemampuan tertentu yang mampu bertahan. Sementara pegawai yang tak bisa bersikap profesional harus siap tersisih.

Persaingan kerja yang ketat juga menuntut para karyawan untuk bersikap profesional di kantor. Berikut tujuh cara agar bisa bersikap profesional di tempat kerja, seperti melansir magforwomen.com, Rabu (24/9/2013),:

1. Berpakaian rapi

Kebanyakan perusahaan mengharuskan para pegawainya berpakaian dengan sejumlah ketentuan yang tersedia. Hal ini bukan karena perusahaan mencoba mendorong Anda berseragam, tapi karena pihak manajemen tengah berupaya membentuk kepribadian.

Selain itu cara Anda berpakaian juga mencerminkan sikap kerja. Jadi pastikan Anda berpakaian dengan rapi dan mengesankan.

2. Bicara langsung ke intinya

Dalam kehidupan profesional, orang-orang yang jarang bicara, tapi menyampaikan sesuatu dengan efektif dan jelas lebih dihargai dibandingkan karyawan lain yang banyak bicara.

Komunikasi yang jelas dan efektif sangat penting dan membuat Anda lebih profesional dibanding yang lain.

3. Membentuk wilayah kerja sendiri

Anda harus bisa memisahkan kehidupan pribadi dan profesional. Tak ada yang melarang Anda untuk berteman di kantor.

Namun penting bagi Anda untuk menyadari jika dia adalah rekan kerja yang menjadi teman. Jagalah kehidupan kerja seprofesional mungkin.

Jangan biarkan perasaan pribadi mengganggu pekerjaan. Dengan kata lain, silahkan berteman di kantor, tapi tetap ingat dirinya juga merupakan tempat kerja.

4. Lupakan kehidupan lain

Saat bekerja, coba untuk menghindari urusan pribadi seperti membayar tagihan listrik atau memesan barang online. Tahan diri Anda untuk menggunakan media sosial di kantor.

Anda juga harus membatasi kontak yang masuk dari teman atau keluarga. Semakin Anda fokus pada pekerjaan, maka Bos akan merasa Anda sebagai orang yang sangat berdedikasi, dan akan menghargai profesionalisme Anda.

5. Mudah bergaul

Untuk menjadi pegawai yang profesional, mudah bergaul dengan rekan kerja lain merupakan hal yang penting. Hal ini bisa membuat pegawai lain menjadi ramah pada Anda.

Hindari untuk berkelompok di kantor, karena dapat membuat Anda terlihat tidak profesional. Ingat, kantor berbeda dengan sekolah di mana Anda memiliki geng, dan pesaingnya. Selain itu, berusaha akrab dengan banyak orang di kantor dapat membuat pekerjaan lebih lancar.

6. Rajin belajar

Profesional hanya bisa diraih orang yang tak pernah berhenti belajar. Bersikaplah terbuka terhadap jenis pengalaman dan pelajaran baru.

Hal ini dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan kerja pribadi. Tak hanya itu, Anda juga dapat menjadi pegawai yang kompeten.

7. Bekerja sistematis

Teratur dalam melakukan tugas harian merupakan salah satu kunci untuk menjadi profesional. Jangan biarkan senior atau bos mengingatkan soal pekerjaan yang harus disediakan. Bekerja secara teratur dapat membuat pekerjaan diselesaikan dengan mudah dan tanpa hambatan. (Sis/Nur)