Sukses

Makna Corak Kain Batik Raline Shah di Festival Film Cannes 2024, Tampil Serba Lokal

Busana serba lokal ini dipakai Raline Shah saat memenuhi undangan Presiden Direktur Kering Group Francois-Henri Pinault untuk menghadiri Kering Women In MotionAwards and Cannes Film Festival Presidential Dinner 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Raline Shah melanjutkan agendanya di Festival Film Cannes 2024. Menunjukkan dukungan para pelaku industri film, khususnya perempuan, aktris berusia 39 tahun itu memenuhi undangan Presiden Direktur Kering Group Francois-Henri Pinault untuk menghadiri Kering Women In MotionAwards and Cannes Film Festival Presidential Dinner 2024.

Di kesempatan itu, Raline tampil menawan dengan padanan fesyen serba lokal. Dalam rilis pers yang diterima Lifestyle Liputan6.com, Selasa (21/5/2024), ia memakai atasan rancangan desainer Indonesia Wilsen Willim dan kain batik istimewa dari Iwan Tirta Private Collection.

Wastra dalam warna moka itu dijelaskan bermotif Sekar Peksi Asmoro yang melambangkan kesejahteraan dan harmoni. Dalam keterangannya, bintang film Surga yang Tak Dirindukan itu berbagi, "Merupakan kebanggaan bagi saya untuk dapat jadi bagian dari Kering Women InMotion Awards and Cannes Film Festival Presidential Dinner 2024."

Acara inisiasi grup yang membawahi sejumlah jenama mewah dunia, seperti Gucci dan Balenciaga, ini dihadiri Raline bersama para sineas perempuan yang merayakan berbagai pencapaian mereka. Di antara tamu undangannya, yakni Michelle Yeoh dan Uma Thurman.

Raline mengungkap, "Saya berharap program ini terus berkembang dan menginspirasi para pelaku industri, terutama perempuan. Apresiasi tertinggi saya untuk Kering Group yang memiliki komitmen tinggi untuk terus menjalankan program ini."

Di unggahan Instagram-nya, Selasa, narasi serupa diutarakan sang aktris. Ia menulis keterangan dalam Bahasa Inggris yang artinya, "Ini jelas merupakan malam yang paling saya nantikan selama Festival Film Cannes. Bertemu perempuan-perempuan cemerlang di bidang seni dan memberi penghargaan pada tokoh-tokoh perempuan muda berbakat di dunia perfilman."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Antusiasme Raline Shah

Raline Shah menyambung, "Tahun ini, Emerging Talent Award diberikan pada Amanda Nell Eu dari Malaysia untuk filmnya Tiger Stripes yang mengangkat isu pubertas perempuan dan tekanan sosial sebagai seorang gadis Melayu. Topiknya berani dan mencerahkan kita tentang tantangan remaja perempuan."

"Itu meninggalkan kesan yang kuat pada saya," imbuhnya. "Sungguh suatu kejutan yang indah melihatnya diakui secara internasional. Suasana akrab ada di mana-mana! Senang bertemu wajah-wajah yang dikenal di bioskop dan orang-orang di balik semua keajaiban bioskop. Merasa sangat bersyukur bisa diikutsertakan. Terima kasih @kering_official untuk malam spektakuler ini."

Pekan lalu, Raline berjalan di karpet merah Festival Film Cannes 2024 mengenakan ansambel serba putih dari koleksi studio desainer Indonesia, Stella Rissa. Structure dress bermaterial brokat dan tulle itu menciptakan siluet ramping, dilengkapi detail-detail manis yang memberi kesan tidak berlebihan.

Aksen semacam selendang tulle yang disampirkan di pergelangan tangannya menghadirkan kesan dramatis tanpa perlu mencolok. Menonjolkan serangkaian perhiasan yang dipakai, mulai dari sepasang anting sampai kalung, Raline menata rambutnya dalam sanggul sasak yang menambah kesan elegan.

3 dari 4 halaman

Pakai Gaun Desainer Indonesia

Di Instagram Story-nya, Jumat, 17 Mei 2024, waktu Jakarta, Raline Shah berbagi, "Hari ini hari pertama di Cannes Film Festival, dan kita akan nonton premier film Kinds of Kindness." Ia kemudian berbicara dalam Bahasa Inggris yang artinya, "Kami senang berada di sini. Setiap tahunnya, sangat menyenangkan bertemu teman baru, orang baru di industri ini, dan tentu saja film-filmnya luar biasa."

"Setiap tahun," ia  menyambung. "Saya belajar sesuatu, saya mendapat perspektif lain, saya merasa disergarkan kembali melalui berbagai kreativitas, film, dan seni di sini."

Penampilan bintang film 5 cm ini dibagikan di Instagram perusahaan barang-barang mewah Kering yang menyebut Raline menggunakan rangkaian aksesori dari Boucheron, jenama yang berbasis di Paris, Prancis. Melengkapi visualnya, ia memamerkan bahwa kukunya dirias dari Jakarta, tepatnya di Dandelion.

Kehadiran Raline Shah menambah daftar pesohor Indonesia yang berjalan di karpet merah Festival Film Cannes tahun ini. Sebelumnya, Putri Marino dan Cinta Laura juga berbagi momen menghadiri event kenamaan tersebut.

4 dari 4 halaman

Putri Marino dan Cinta Laura

Putri Marino tampil anggun saat berjalan di karpet merah Festival Film Cannes pada Rabu, 15 Mei 2024. Aktris berusia 30 tahun itu memakai gaun merah, yang juga merupakan rancangan Stella Rissa.

Saat jumpa pers di Jakarta, beberapa waktu lalu, perancang mode itu menjelaskan bahwa gaun yang dikenakan Putri bertema Puspa Pesona. Ia terinspirasi dari bunga anggrek bulan yang merupakan salah satu bunga nasional Indonesia.

Alih-alih menggunakan warna putih yang jadi warna kebanyakan bunga anggrek bulan, Rissa memilih warna merah pekat untuk gaun berdetail kerah sabrina yang kokoh. Desain itu mempertimbangkan karakter Putri yang dinilainya sedikit malu-malu, tapi tetap berani.

Di hari yang sama, Cinta Laura berjalan di karpet merah Festival Film Cannes mengenakan ragam karya dari Indonesia. Salah satunya gaun rancangan desainer Monica Ivena.

Sebelum keberangkatannya ke festival film bergengsi di Prancis itu, Monica dan Cinta sempat berbagi teaser busana yang akan dikenakannya di acara tersebut. Mereka mengungkap bahwa gaun berwarna putih berbulu dengan tepian gradasi biru tersebut terinspirasi dari satwa endemik Indonesia, jalak bali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.