Sukses

Aduh, Jeepney Filipina nan Ikonis Terancam Digantikan Mini Bus Modern

Meskipun jeepney memiliki keunikan dan nilai budaya yang tinggi, kendaraan ini dihadapkan pada tantangan ekonomi dan persaingan dengan moda transportasi lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Jeepney, kendaraan ikonik yang menjadi simbol nasional Filipina, menghadapi ancaman nyata dari rencana penggantian oleh mini bus modern. Jeepney pertama kali muncul setelah Perang Dunia II dan sejak itu menjadi tulang punggung sistem transportasi negara, mengangkut penumpang, barang, dan bahkan paus yang berkunjung.

Mengutip dari laman Japan Today, Selasa (30/4/2024, namun rencana pemerintah untuk menghapus penggunaan jeepney karena alasan memodernisasi jaringan transportasi umum yang kacau di negara ini telah membuat masa depan kendaraan ikonis tersebut diragukan. Jeepney, kendaraan yang didekorasi dengan warna-warni dan memiliki knalpot yang terdengar seperti terompet, telah menjadi pemandangan umum di Filipina.

Mudah diperbaiki dan murah untuk dikendarai, jeepney telah menjadi kendaraan pilihan bagi banyak orang Filipina. Seiring dengan tersedianya pilihan transportasi lain, permintaan terhadap jeepney mulai menurun.

Pada 2014, hanya 10 jeepney yang diproduksi setiap bulannya oleh Sarao Motors, salah satu produsen jeepney terkemuka di negara ini. Program penghapusan Jeepney yang diluncurkan oleh pemerintah pada 2017 telah menghambat produksi jeepney.

Meskipun Sarao Motors dapat memproduksi jeepney modern yang memenuhi spesifikasi lingkungan dan keselamatan pemerintah, harga jeepney tersebut jauh lebih tinggi daripada jeepney tradisional. Dalam tujuh tahun sejak program ini diluncurkan, telah terjadi beberapa kali penundaan dalam implementasinya akibat protes dan pandemi Covid-19. 

Pemerintah telah menawarkan bantuan pembiayaan bank dan subsidi untuk mengganti armada jeepney dengan kendaraan modern. Namun, banyak pengemudi yang menentang rencana tersebut. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jeepney Bagian Penting Budaya Identitas Philipina

Mereka berpendapat bahwa membeli kendaraan baru akan membuat mereka terlilit hutang dan sulit untuk membayar kembali pinjaman. Operator jeepney juga menghadapi persaingan yang semakin ketat dari layanan ojek.

Dalam kondisi ekonomi yang sulit, sulit bagi mereka untuk mendapatkan cukup keuntungan sebagai operator jeepney. Kendati demikian, ada juga suara-suara yang mendukung penggantian jeepney dengan mini bus modern.

Mini bus modern lebih berteknologi tinggi, dengan mesin standar emisi Eropa atau motor listrik, WiFi, CCTV, dan AC. Mereka dianggap lebih aman, nyaman, dan tidak menimbulkan polusi.

Namun, operator jeepney yang telah mengemudikan kendaraan ini selama puluhan tahun berharap pemerintah mempertimbangkan untuk memperbaiki jeepney yang ada daripada menggantinya dengan kendaraan impor. Meskipun jeepney dalam bentuknya yang sekarang sangat usang, masih ada harapan bahwa "esensi" dari kendaraan ini akan bertahan.

Jeepney mungkin akan berubah dalam hal ukuran dan tampilan. Tetapi selama semangat jeepney tetap ada, kendaraan ini akan tetap menjadi jeepney. Bagi banyak orang Filipina, jeepney adalah bagian penting dari budaya dan identitas mereka, dan mereka berharap kendaraan ini tetap menjadi bagian dari pemandangan di Filipina.

 

3 dari 4 halaman

Aksi Mogok Pengemudi

Mengutip dari Tim Global Liputan6.com, sekitar setahun yang lalu, para sopir jeepney di Filipina menggelar aksi mogok selama seminggu yang dimulai pada Senin, 6 Maret 2023. Aksi membuat sekolah dan universitas di sejumlah kota besar menangguhkan kelas tatap muka.

Otoritas lokal di Manila, Quezon City, Marikina, Muntinlupa, dan Pasig City telah mengatakan kepada sekolah-sekolah untuk beralih ke kelas pembelajaran jarak jauh karena gangguan akibat aksi mogok. Pemerintah lokal Quezon City, kota terpadat di Filipina, juga meminta orang-orang untuk bekerja secara online.

Jeepney yang dikenal sebagai "raja jalanan" adalah bagian penting dari sistem transportasi di Filipina. Transportasi umum itu menawarkan tumpangan yang lebih murah dibanding kereta, taksi, atau becak bermotor.

Keberadaan jeepney akan tergantikan dengan alternatif transportasi yang lebih modern. Operator telah diberitahu untuk bergabung dengan koperasi atau korporasi sebelum akhir tahun sebagai bagian dari rencana modernisasi, sehingga sektor tersebut tidak terlalu terfragmentasi.

4 dari 4 halaman

Kekhawatiran Pengemudi Jeepney

Operator dan pengemudi khawatir pedoman baru dapat mendorong keluar operator yang lebih kecil dan biaya upgrade kendaraan tidak terjangkau. Harga jeepney tradisional berkisar antara 150.000 hingga 250.000 peso, sedangkan jeepney modern seharga hingga 2,5 juta peso atau sekitar Rp692 juta.

Subsidi sebesar 160.000 peso yang ditawarkan oleh pemerintah tidak cukup, menurut para pengemudi, yang sudah berjuang untuk pulih dari dampak pembatasan akibat Covid-19 dan kenaikan harga bahan bakar.

"Modernisasi tidak jadi soal bagi mereka yang punya uang," kata pengemudi jeepney Benito Garcia kepada AP dalam aksi protes pada Senin seperti dikutip dari The Guardian, 7 Maret 2023 "Tetapi bagi kami para pengemudi dan operator jeepney, kami tidak mampu membayarnya."

Berdasarkan data yang dikutip oleh Senator Grace Poe, gaji harian rata-rata pengemudi jeepney adalah 755 peso atau sekitar Rp210 ribu. Manibela, salah satu grup transportasi yang mengumumkan aksi mogok, mengatakan bahwa sekitar 80 persen operasi jeepney di Metro Manila terpengaruh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.