Sukses

Atta Halilintar Bikin Konten Saat Umrah, Habib Jafar Ingatkan Soal Berfoto di Kakbah

Seorang warganet menyayangkan sikap Atta Halilintar karena masih sempat membuat konten padahal sedang beribadah di Kakbah.

Liputan6.com, Jakarta - Di penghujung bulan Ramadan 2024, Atta Halilintar memboyong keluarganya menjalankan ibadah umrah. Umrah ini juga sekaligus hadiah Atta untuk sang istri, Aurel Hermansyah.

Di akun Instagramnya, Atta dan Aurel kerap membagikan momen keseharian mereka selama di tanah suci. Selama di sana mereka juga terlihat membagikan takjil untuk berbuka puasa, itikaf di masjid, serta saat tawaf. Atta juga sempat membagikan video saat dirinya berdesakan di depan multazam bersama sejumlah jemaah umrah lainnya.

Multazam merupakan tempat yang terletak di antara Hajar Aswad dan pintu Kakbah dengan jarak kurang lebih dua meter. Multazam diyakini sebagai tempat yang mustajab untuk memanjatkan doa.

"Hamba menghadap di depan pintu Rumah mu ya Allah," tulisnya dalam unggahan pada Minggu, 7 April 2024. Lewat video itu, Atta turut memanjatkan doa agar para pengikutnya di media sosial bisa segera menginjakkan kaki di tanah suci.

"Semoga video ini jadi sebab banyak teman-teman terpanggil ke rumah Allah," sambungnya. Unggahan Atta itu langsung dibanjiri oleh doa-doa dari warganet dan rekan artis. Tak sedikit yang berharap mendapat kesempatan untuk menjalani ibadah umrah seperti Atta.

Namun seorang warganet menyayangkan sikap Atta, karena masih sempat membuat konten padahal sedang beribadah di rumah Allah SWT. "Masih ngonten juga mas di tempat ibadah?" komentar seorang warganet.

Pemerintah Arab Saudi sendiri sempat melarang jemaah haji dan umrah mengambil gambar (foto dan video) di dekat Kakbah di Masjidil Haram. Larangan tersebut juga berlaku di Masjib Nabawi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berfoto Membelakangi Kakbah

 

Larangan itu dikabarkan agar jemaah lebih khusyuk dalam beribadah dan dijauhkan dari sifat riya atau pamer. Habib Jafar Husein yang kerap berceramah di media sosial sempat menyinggung perihal foto di depan Kakbah.

Saat hadir di podcast PWK di kanal Youtube HAS Creative pada 2 Desember 2023, ia menyarankan agar para jemaah Indonesia tidak berfoto atau membuat video dengan membelakangi Kakbah.

"Gue kasih saran ya, lu kalau foto di Kakbah, itu jangan membelakangi Kakbah. Kalau bisa kita menghadap ke Kakbah, (fotonya) dari belakang aja, sebagai bentuk penghormatan," kata Habib Jafar. Ia juga me,njelaskan cara itu bisa menghindarkan keringinan untuk riya.

"Kita mempertontonkan kebaikan itu boleh, asalkan nggak riya. Tapi kalau menyembunyikan lebih baik, karena akhirnya lu nggak punya alasan buat riya," lanjutnya.

Sementara itu ibadah umrah Atta dan Aurel kali ini bertepatan dengan ulang tahun pernikahan mereka yang ketiga pada Rabu, 3 April 2024. Melalui Instagram, Aurel membagikan momen spesial dalam hidupnya. Ini menjadi potret keluarga kecil pertamanya di Tanah Suci setelah kelahiran anak keduanya, Azura.

 

3 dari 4 halaman

Adaptasi dengan Cuaca di Makkah

 

""ku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu. Rasulullah SAW bersabda: 'Umrah di bulan Ramadhan menyamai ibadah haji' (HR Ibnu Majah)," tulis Aurel dalam keterangannya unggahannya pada Kamis, 4 April 2024. Meskipun suhu panas kota Makkah saat ini cukup ekstrem, mereka berdua tetap menjalani ibadah dengan penuh khidmat.

Bukan kali pertama beribadah umroh sambil berpuasa, Aurel tetap merasa kesulitan menyesuaikan diri dengan cuaca panas di Makkah. Apalagi kini harus menjaga kedua putrinya pula.

Wanita 25 tahun itu menyampaikan cuaca di sana saat itu kurang lebih mencapai 37 derajat celcius. Yang dapat dilakukannya hanya memanjatkan doa pada Allah SWT untuk menjaga keluarganya itu.

"Bulan puasa di bawah 37 derajat, kami dan anak-anak kami berserah. Jagalah keluarga kami, ampuni dosa kami, jauhkanlah kami dari fitnah dan berkahilah semua orang-orang yang sudah baik dan selalu mendoakan kami," ungkapnya.

"Aurel juga tak lupa mendoakan warganet agar bisa menyusulnya datang ke Mekah. "Kami juga berdoa semoga teman-teman yang comment dibawah bisa kesini juga," tutupnya.

 

4 dari 4 halaman

Keluarga Atta Rayakan Akan Berlebaran di Tanah Suci

 

Di hari yang sama, Aurel juga membagikan foto putrinya yang kedua, Azura, melalui Insta story di akun Instagramnya. Siapa sangka sang bayinya itu begitu kuat menahan cuaca panas di Makkah.

Pasalnya momen ini merupakan kali pertama Azura melakukan ibadah umrah. "MasyaALLAH....TabarakALLAh. Adek kuat bgt. Thn lalu mama kesini adek ada di dalam perut mama. Skrg adek ada disini, " jelasnya.

Atta dan Aurel bersama-sama melakukan perjalanan umrah dengan seluruh anggota keluarga The Hermansyah seperti Anang dan Ashanty. Mereka memulai perjalanan umrah pada akhir bulan Ramadhan, sehingga dipastikan bahwa mereka tidak akan merayakan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia, tetapi di Tanah Suci.

Atta dan Aurel mengekspresikan rasa terima kasih mereka karena bisa menjalani umrah ke sekian kalinya. Pada 4 April 2024, Atta membagikan potret dirinya bersama keluarga di bandara. "Kami datang kerumah-Mu Ya Allah. Ramadhan Hunting Lailatul Qadr di Rumah-Mu ya Allah. Maaf lahir batin ya temen-temen," tulis pria 29 tahun itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.